Text
"STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA ALAM YANG BERKELANJUTAN DI SITU CILEUNCA, KABUPATEN BANDUNG"
Pariwisata merupakan salah satu industri unggulan yang berekspansi dan
dan mengalami diversifikasi berkelanjutan (Kemenpar, 2016), oleh sebab itu Situ
Cileunca yang berada di wilayah Kabupaten Bandung, harus memiliki acuan dan
strategi yang memaksimalkan produk wisatanya dengan sesusai prinsip-prinsip
pariwisata berkelanjutan. Saat ini Situ Cileunca sebagai daya tarik wisata alam,
belum memaksimalkan potensi alam yang ada disekitarnya, dan belum
meningkatkan kualitas produk wisata alam yang sudah ada menjadi lebih
berkelanjutan, sehingga menjadikan kawasan ini daerah tujuan wisata alam yang
tidak begitu dilirik dikalangan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Bandung
Selatan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis meneliti setiap permasalahan
yang ada, dan kemudian menyusun dan merancangkan strategi pengembangan daya
tarik wisata yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif (Mix Methods), dengan menggambungkan konsep analisis
4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Ancillary) (Kemenpar, 2017) dengan
indikator pariwisata berkelanjutan (UNWTO, 2011), yang selanjutnya
disempurnakan dengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi pengembangan
wisata alam yang berkelanjutan. Dari hasil studi yang telah dilakukan, didapatkan
hasil bahwa Situ Cileunca memiliki potensi wisata alam dengan atraksi wisata air
dan olahraga. Berdasarkan analisis produk wisata, Situ Cileunca secara umum
memiliki produk wisata yang baik, namun secara prinsip pariwisata berkelanjutan
masih cukup berkembang, dan untuk usulan strategi prioritas berdasarkan analisis
SWOT, Situ Cileunca memiliki hasil diagram cartesiu yang berada diposisi rapid
growth strategy, atau pendekatan strategi yang harus segera dilakukan (Urgent),
maka dari hasil tersebut terpilihlah strategi S-O (Strengths - Opportunities) yang
mengkombinasikan kekuatan dan peluang dengan rekomendasi strategi berupa
pengembangan wisata air dan olahraga, membangun jaringan dengan wisata lain,
bekerjasama dengan agen perjalanan, dan membuat website khusus.
Kata Kunci : Wisata Alam, Pariwisata Berkelanjutan, Pengembangan
Pariwisata, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT
No copy data
No other version available