Text
Loyalitas Pelanggan Sebagai Implikasi Dari Kewajaran Harga Yang Di Determinasi Oleh Pemasaran Kerelasian Dan Kualitas Pelayanan Penerbangan Berjadwal Domestik
Industri penerbangan Indonesia telah mendapat pengakuan dari International Air Transport Association (IATA) sebagai satu dari lima pasar penerbangan yang memiliki pertumbuhan penumpang tercepat di dunia, merupakan industri yang besar dan tumbuh dinamis sehingga berdampak pada persaingan yang semakin ketat. Pertumbuhan industri penerbangan lima tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan yang menyebabkan setiap perusahaan penerbangan berlomba memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan pelanggan agar tetap loyal menggunakan jasanya dengan membentuk kewajaran harga dengan mengimplementasikan pemasaran kerelasian dan kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif model solusi melalui penggalian dan pengkajian data dan informasi tentang pengaruh struktural antara pemasaran kerelasian, kualitas pelayanan, kewajaran harga, dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan analisa data menggunakan Structural Equation Modelling. Data primer dikumpulkan melalui survei kepada 200 penumpang perusahaan penerbangan berjadwal domestik di bandar udara hub wilayah pulau Jawa.
Hasil penelitian menunjukkan loyalitas pelanggan dibentuk oleh pemasaran kerelasian melalui kewajaran harga lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kewajaran harga. Dari temuan penelitian menghasilkan novelty dengan nama model kewajaran harga dalam mendukung loyalitas pelanggan penerbangan berjadwal domestik.
Kata Kunci: Pemasaran Kerelasian, Kualitas Pelayanan, Kewajaran Harga,
Loyalitas Pelanggan
ABSTRACT
Indonesian airline industry has got an acknowledgement from International Air Transport Association (IATA) as one of five airline markets with the world fastest growth of passengers. It is a big industry and grows so dynamically that it causes the competition get tighter and tighter. The growth of airline industry in the last five years indicates a significant increase, making every airline company compete on satisfying all the customers’ needs and wants by setting fair prices and implementing relationship marketing and service quality in order that they become loyal to use its services.
This research aims to find an alternative solution model through exploring and studying the data and information on the structural impacts among relationship marketing, service quality, price fairness, and customer loyalty. The methods of research used are descriptive and verificative with data analysis using Structural Equation Modelling. Primary data is collected through a survey on 200 passengers of scheduled domestic airlines at the airport hubs in Java island.
The result of this research shows that customer loyalty is more dominantly created by relationship marketing through price fairness rather than by the influence of service quality through price fairness. From the research findings, obtained a novelty with the title Price Fairness Model In Supporting Customer Loyalty in Domestic Scheduled Airlines.
Key Words: Relationship Marketing, Service Quality, Price Fairness, Customer Loyalty
No copy data
No other version available