Text
Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi Kinerja Pramuniaga serta Dampaknya pada Pangsa Pasar
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Gambaran karakteristik kompetensi, kompensasi, kinerja pramuniaga dan pangsa pasar, 2) Pengaruh kompetensi dan kompensasi pramuniaga terhadap kinerja pramuniaga baik secara parsial maupun simultan, 3) Pengaruh kompetensi dan kompensasi pramuniaga terhadap pangsa pasar baik secara parsial maupun simultan, dan 4) Pengaruh kinerja pramuniaga terhadap pangsa pasar.Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dan metode penelitian survei dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 55 Supervisor Pramuniaga supermarket di Kota Bandung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, dan pengisian kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pasar swalayan mempunyai prospek yang cukup cerah sekalipun menghadapi persaingan yang sangat tajam. Pramuniaga pasar swalayan sudah memiliki kompetensi namun masih ada beberapa aspek yang belum diterapkan sepenuhnya, dan juga sistem kompensasi belum ditangani dengan baik, Kinerja pramuniaga pasar swalayan belum optimal, dan pangsa pasar masih rendah, 2) Kompetensi dan kompensasi pramuniaga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pramuniaga dengan kategori cukup kuat, secara parsial kompetensi pramuniaga berpengaruh signifikan dengan kategori sedang sedangkan kompensasi pramuniaga berpengaruh signifikan dengan kategori lemah, 3) Kompetensi dan kompensasi pramuniaga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar swalayan dengan kategori cukup kuat, namun secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan dengan kategori lemah, 4) Kinerja pramuniaga berpengaruh signifikan terhadap pangsa pasar dengan kategori kuat.
The purposes of this research were to know : (1) the salespeople competency, the salespeople compensation, the salespeople performance and the market share characteristic, (2) the influence of salespeople competency and compensation partially and simultaneusly on the salespeople performance, (3) the influence of salespeople competency and compensation partially and simultaneusly on the market share, and (4) the influence salespeople performance on the market share. The types of this research were descriptive and verification researchs and the research method survey with used random sampling technique. The samples in this research are consisted on 55 salespeople supervisors. The data collection technique is is the literature study, the observation and quistionaire, while the data analysis technique is the path analysis.The results of this research indicated that (1) The supermarket was a sufficient prospective, the salespeople had not employed all competency aspects, the system of compensation had not will implemented, the salespeople performance had not been optimal, and the market share was still low, (2) the salespeople competency and compensation simultaneusly significant influence on salespeople performance with a strongly sufficient category. In one side the salespeople competency partially influenced on salespeople performance with moderate category. On the other side, the salespeople compensation partially influenced on salespeople performance with low category, (3) the salespeople competency and compensation simultaneusly significant influenced on the market share, with a highly sufficient category but they partially influenced on the market share with a low category, and (4) The salespeople performance significant influenced on the market share with a high category.
No copy data
No other version available