Skripsi
Pengaruh Informasi di Akun Instagram Terhadap Sikap Followers
ABSTRAK
Praisti Andiani, 210510160073. Program Studi Manajemen Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Informasi di Akun Instagram terhadap Sikap Followers”, dengan Dr. Asep Suryana, M.Si. sebagai pembimbing utama dan Putri Trulline, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh informasi di akun instagram @setali.indonesia terhadap sikap followers mengenai gaya hidup sustainable fashion.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis jalur. Data diperoleh dari survey yang dilakukan pada 99 responden yang merupakan pengikut akun instagram @setali.indonesia serta studi kepustakaan terkait. Hasil survey diuji keabsahan datanya menggunakan pengujian validitas dan pengujian reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari informasi secara langsung terhadap sikap followers serta adanya pengaruh tidak langsung dari informasi terhadap sikap followers melalui motivasi followers. Pengaruh paling besar didapatkan dari pengaruh bobot penilaian informasi terhadap sikap followers melalui motivasi followers. Sedangkan pengaruh terendah adalah pengaruh valensi informasi terhadap motivasi followers.
Rekomendasi yang didapatkan adalah membuat postingan yang memvisualisasikan praktik-praktik sustainable fashion untuk membangkitkan motivasi followers dalam menyikapi gaya hidup sustainable fashion yang memiliki pengaruh besar pada kemungkingan pembentukan sikap followers. Adapun pengertian dari fesyen berkelanjutan (sustainable fashion) adalah praktik fesyen yang menghormati manusia lain dan lingkungan, dibuat dengan kondisi kerja yang baik, layak dan sejahtera, serta material yang ramah lingkungan dan ramah hewan. Tidak mengeksploitasi siapapun dan meninggalkan kegatan seminim mungkin.
No copy data
No other version available