Skripsi
Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Mengenai Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Di SLB NEGERI Cileunyi, Bandung)
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan bagiamana peran Gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca pada anak berkebutuhan khusus tuna runggu dan tuna grahitta di sekolah luar biasa negeri cileunyi bandung. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 8 orang narasumber yang terdiridari 2 orang guru, 3 orang murid yang terdiri dari siswa kelas 5 sd. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1. Pada kegiatan literasi sekolah pada sekolah luar biasa negeri cileunyi guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca pada anak berkebutuhan khususnya tuna grahitta, 2. Sumber pengetahuan dalam proses kegiatan literasi sekolah pada anak berkebutuhan khusus grahitta belum memadai sehingga guru menggunakan media yang ada seperti gambar,komputer,balok untuk bangun ruang dll, atau mencari alternative lainnya, 3. Kegiatan literasi sekolah ini memberikan dampak yang mana adanya dampak positif dan dampak negatif.
Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Anak Berkebutuhan Khusus, Minat Baca.
ABSTRACT
This study aims to determine how the role of the school literacy movement increasing reading interest towards children with special needs such as blind and mentally disabled in Special Needs Education Schools in Cileunyi, Bandung. This research was conducted using qualitative case study research methods. Data collection methods that used in this study areobservation, interviews and documentation. Interviews were conducted on 8 speakers consists of2 teachers, 3 parents of students, 8 students from 3td elementary schools up to 2nd junior high school.The results of the study show that: 1.At Special Needs Education Schools inCileunyi,the teacher has a crucial role in increasing reading interestby doing school literacytowards children with any disabilities especially blind and mentally disabled; 2. The source of knowledge in school literacy movement at blind children and mentally disabled was insufficient so the teacher uses an available media and look for other alternatives; 3.This school literacy activity has an impact in which there are positive impacts and negative impacts.
Keyword: school literacy movement, children with special needs, reading interest
No copy data
No other version available