Skripsi
IMPLEMENTASI REPOSITIONING OZ RADIO 103.1 FM BANDUNG
ABSTRAK
Penelitian dengan judul “Implementasi Repositioning OZ Radio 103.1 FM Bandung” merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memaparkan bagaimana implementasi dari repositioning OZ Radio Bandung dari “Young and Hits” menjadi “Your Friendly Station”. Penelitian ini berfokus untuk menganalisa implementasi repositioning menggunakan konsep Kasali (1998) yaitu strategi komunikasi, atribut-atribut produk, dan positioning statement. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) Strategi Komunikasi yang dilakukan oleh OZ Radio Bandung untuk membangun image yang baru dan unik di benak pendengar dengan mengubah posisi dari radio anak muda, sata ini menjadi radio untuk semua kalangan. Komunikator dari repositioning ini adalah manajemen OZ Radio Bandung, sedangkan komunikan pada strategi komunikasi yaitu target segmentasi pasar dan pemasang iklan. Efek yang didapatkan yaitu peningkatan pendengar, peningkatan jumlah klien, dan time spend listening radio yang cukup tinggi. Namun, kekurangannya yaitu OZ Radio Bandung tidak menggunakan jasa lembaga survei sama sekali, sehingga tidak bisa mengetahui data yang riil mengenai tingkat keberhasilan dari proses implementasi repositioning yang dilaksanakan. 2) Atribut- atribut produk terdiri dari; a.) station personalities yang terdiri dari tagline, listener call, jingle, radio branding materials, format musik dan format radio siaran. Seluruh elemen dalam station personalities berfokus untuk memposisikan kembali OZ Radio Bandung sebagai radio yang sifatnya umum dan untuk menghilangkan konsep radio anak muda. b) programs, yaitu program on air lama yang diperbarui baik dari nama program, waktu siaran ataupun kontennya. Selain itu terdapat beberapa program- program baru yang dibuat dalam repositioning. Hasil yang didapatkan yaitu tidak ada program yang mengusung konsep dewasa, hal ini bertolak belakang dengan bagaimana manajemen menentukan target audience-nya adalah usia dewasa muda dengan spesifik usia 15-35 tahun. c) media digital, merupakan seluruh media OZ Radio Bandung yang berguna untuk mempromosikan OZ radio. Seluruh aktivitas media sosial masih menggunakan konsep yang lama yaitu konsep anak muda. Sebaiknya tim manajemen membuat persentase konten untuk anak muda dan konten untuk usia dewasa muda. 3) Positioning statement yang baru “your friendly station” belum memenuhi kriteria positioning statement dari Kotler (2005). Positioning statement harus terdiri dari kelompok, merek, konsep, dan kekhasan. Namun, positioning statement OZ Radio Bandung yang baru hanya menggambarkan konsep radio sebagai stasiun radio yang bisa didengarkan oleh siapa saja.
Kata Kunci: Implementasi, repositioning, Kasali (1998), OZ Radio Bandung
No copy data
No other version available