Skripsi
Hubungan Kualitas Informasi Repositori Ilmiah Nasional dengan Tingkat Kepuasan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Bandung
ABSTRAK
Repositori Ilmiah Nasional merupakan salah satu repositori berbasis digital yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia. Repositori Ilmiah Nasional atau RIN memiliki fungsi sebagai wadah atau media dalam menyimpan karya ilmiah dari para peneliti dan juga sebagai upaya dalam meningkatkan akses informasi bagi para peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas informasi yang memiliki variabel time dimension, content dimension, dan form dimension dengan kepuasan pengguna RIN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah para pengguna dari RIN itu sendiri yaitu peneliti LIPI kawasan Bandung yang berjumlah 250 orang. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 72 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas informasi dari O’Brien dan juga End User Computing Satisfaction (EUCS) dari Doll, dan Torkzadeh. Penelitian ini menggunakan teknik uji korelasi dengan menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil dari penelitian memberikan sebuah gambaran bahwa variabel kualitas informasi memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan pengguna dari Repositori Ilmiah Nasional. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem dari RIN mampu untuk memberikan kualitas terhadap informasi yang diberikan, sehingga memberikan dampak terhadap tingkat kepuasan dari para pengguna RIN itu sendiri. Hal ini disebabkan karena RIN mampu untuk memenuhi indikasi bahwa sebuah informasi disebut berkualitas dengan meliputi time dimension, content dimension dan form dimension.
Kata Kunci: Kualitas Informasi, Kepuasan, Repositori, Repositori Ilmiah Nasional
Nasional
No copy data
No other version available