Skripsi
ANALISIS PEMBERITAAN KANDIDAT CAPRES-CAWAPRES SELAMA MASA KAMPANYE PILPRES 2019 (Analisis Isi Kuantitatif Agenda Media pada Pemberitaan Pasangan Calon 01 dan 02 di Surat Kabar Harian Kompas Periode Ok
ABSTRAK
Caterina Sulistiyahati, 210110160105. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Analisis Pemberitaan Capres-Cawapres Selama Masa Kampanye Pilpres 2019: Analisis Isi Kuantitatif Agenda Media pada Pemberitaan Pasangan Calon 01 dan 02 di Surat Kabar Harian Kompas Periode Oktober 2018 - April
2019” dengan S. Kunto Adi Wibowo, M.Comm., Ph.D. sebagai pembimbing utama dan Rachmaniar, S.Sos., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberpihakan media pada masa kampanye Pilpres 2019 melalui pemberitaan kedua Paslon di media. Media yang diteliti adalah jenis media cetak yaitu surat kabar Harian Kompas selama berlangsungnya masa kampanye Pilpres dari bulan Oktober 2018 – April 2019 yang telah dipilih acak menggunakan metode constructed weeks. Variabel yang diteliti diantaranya adalah Function; berupa fungsi pesan komunikasi politik, Topic; berupa topik pesan kampanye, dan Endorsement; berupa pernyataan dukungan terhadap salah satu Paslon.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori Agenda-setting yang dipopulerkan oleh McCombs dan Shaw (1972) dengan unit analisis berupa tema dari artikel berita tentang pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut
01 dan 02, meniru model penelitian Benoit tahun 2000. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif Krippendorf dengan jumlah 492 unit analisis dari 140 berita.
Pengujian data menggunakan fisher’s exact test dan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan frekuensi masing-masing variabel antara Paslon 01 dan 02. Perbedaan pemberitaan pada variabel Function dan Endorsement bernilai signifikan, dimana antara Paslon 01 lebih banyak menggunakan fungsi pesan berbentuk defense sementara Paslon 02 lebih banyak melakukan attack, serta Paslon 02 yang lebih banyak mendapatkan pernyataan dukungan daripada Paslon 01. Pada variabel Topic hasil tes menunjukkan nilai yang tidak signifikan, dimana tidak terdapat perbedaan pada topik yang dibahas dalam pemberitaan. Baik Paslon 01 dan 02 sama-sama lebih banyak membahas masalah kebijakan (policy) dibandingkan dengan karakter kandidat lawan (character).
Kata kunci: analisis isi, Jokowi, Prabowo, Ma’ruf Amin, Sandiaga Uno, Pilpres
2019, agenda-setting, Harian Kompas
No copy data
No other version available