Skripsi
ETIKA PRAKTIK PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM
ABSTRAK
Putri Intan Ewie Syafitri. 210110140218. 2018. “Etika Praktik Product Placementdalam Film”. Di bawah bimbingan Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. selakuDosen Pembimbing Utama dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotatif, konotatif,dan mitospada praktik product placementdalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthesdengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis teks, dokumentasi, studi literatur,dan wawancara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah adegan yang menampilkan sisipan produk sponsor dalam film Ayat-Ayat Cinta 2.Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa makna denotatif menjadi pengabur ketika makna dan konteks tidak saling berkaitan. Sedangkan makna konotatif menjadi pengabur ketika makna adegan yang disisipi iklan sponsor mengalami perubahan makna. Mitos menjadi pengabur ketika positioning produk yang ditampilkan tidak sesuai dengan fakta produk yang sebenarnya. Kata kunci: product placement, etika, film
ABSTRACT
Putri Intan Ewie Syafitri. 210110140218. 2018. “Ethics of Product Placement Practice in Movie”. Under the guidance of Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si. as Main Advisor and Dr. Uud Wahyudin, M.Si. as Companion Advisor. Communication Management Study Program, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjaran.The purpose of this study is to learn denotative, connotative,and mythical meaning in the practice of product placement in film Ayat-Ayat Cinta 2. The research method used is Roland Barthes semiotics analysis with a qualitative approach. Data collection techniques used in this study are text analysis, documentation, literature study,and in-depth interviews. The subject in this study was scenes that showed sponsor product in the film Ayat-Ayat Cinta 2.The result in this study shows that denotative meaning becomes blurred when meaning and context are not interrelated. While connotative meaning becomes blurred when the meaning of the scene inserted by the sponsor ad changes meaning. Mythical meaning becomes blurred when the product positioning displayed is not in accordance with the actual product facts.Key words: product placement, ethics, movie
No copy data
No other version available