Skripsi
Peningkatan Kualitas Pengolahan Bahan Pustakadi Perpustakaan Sekolah : Penelitian Tindakan Mengenai Peningkatan Kualitas Pengolahan Bahan Pustakadi Perpustakaan Sekolah Dasar Mutiara Bunda
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengolahan bahan pustaka di perpustakaan Sekolah Dasar (SD) Mutiara Bunda, yang akan ditingkatkan mencakup pada aspek pengolahan bahan pustaka seperti inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, pelabelan dan penyampulan, serta peletakan bahan pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan jenis partisipandimana peneliti terlibat secara langsung dalam melakukan tindakan dilapangan. Teknik pengumpulandata untuk mengetahui kebutuhan perpustakaan dilakukan dengan wawancara, observas dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui tanggapan dari berbagai pihak sekolah dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang dilakukan oleh peneliti berhasil meningkatkan kualitas pada bahan pustaka di perpustakaan SD Mutiara Bunda, hal tersebut dilihat dari setiap aspek yang dilakukan mengalami peningkatan. Dari yang sebelumnya semua bahan pustaka tidak memiliki nomor klasifikasi yang sesuai dengan DDC, peneliti berhasil memberikan nomor klasifikasi pada 800 bukudari 850 buku yang ada, serta membuat label (call number dan label warna) pada 800 buku, dan peletakan semua bahan pustaka sesuai dengan nomor kelasnya. Pengguna perpustakaan memberikan tanggapan bahwa mereka merasakan kemudahan dalam mencari bahan pustaka yang di inginkan.Kata Kunci : Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Sekolah, Kualitas Pengolahan Perpustakaan, SD Mutiara Bunda
ivAbstract This researchaims to improve the quality of library materials processing in elementary school library’s Mutiara Bunda, which will be improved covering aspects of library processing such as inventory, cataloging, classification, labeling and collecting and laying of library materials. Research method used is action research with the type of participants where researchers are directly involved indoing the action in the field. Data collection techniques to find out the need of the library is done by interview, observation and literature study. Technique of collecting data to know responsesfrom various school side done by interview. The result showed that conducted by researchers managed to improve the quality oflibrary materials in the libraryoh Mutiara Bunda Elementary School, it is seen from every aspect that has been improved. From all previous libraries not having a DDC classification number, the researcher succeded in giving the classification number on 800 books from 850 books, as well as making the label (call number and color label) on 800 books, and placing all the books according to the class number. Library users responded that they felt the ease of finding the desired library materials. Keywords: Library Material Processing, School Library, School Library, Quality oh Library Processing, Mutiara Bunda Elementary School
No copy data
No other version available