Skripsi
Kualitas Layanan Sirkulasi Perpustakaan Kabupaten Purwakarta
ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang “Kualitas Layanan Sirkulasi Perpustakaan Kabupaten Purwakarta”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis LibQual+TM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta aktif yang berjumlah 1.238 orang terhitung sampai akhir tahun 2017. Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang. Lokasi penelitian ini adalah Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta Bidang Layanan dan Otomasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis tabel dan perhitungan perbandingan antara persepsi dengan harapan minimum dan maksimum pada tiga dimensi LibQual+TMyaitu Information Control (ketersediaan akses informasi), Affect of Service (kemampuan staf) dan Library as Place(fasilitas, tataruang). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan sirkulasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta secara keseluruhan sudah puas.Kata kunci :kualitas layanan, layanan perpustakaan daerah, metode LibQual+TM
iiABSTRACTThe topic of this research is “The Quality of Library Circulation in the Regency of Purwakarta”. The aim of this research is to determine the quality of the library circulation at the Regional Library of Purwakarta Regency (Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta). The method used in this research is the quantitative descriptive survey using the LibQual+TM.analysis.The population of this research includes all active members of the Regional Library of PurwakartaRegency, totaling 1.238 members by the end of 2017. The sampling used in this research is the nonprobability sampling purposivewith 93 individuals as sample. This research is conducted at the Service and Automation Sector of the Regional Library of Purwakarta RegencyThe method of analysis used in this research are table analysis and ratio calculation between perception and maximum and minimum expectations on three dimensions of LibQual+TMwhich consist of Information Control (availability of access to information), Affect of Service (staff capabilitiy) dan Library as Place (facilities, layout).The conclusion of this research reveals that the overall quality of circulation service at the Regional Library of Purwakarta Regency is satisfied.Keywords: quality of service, regional library service, LibQual+TMmethod
No copy data
No other version available