Skripsi
Wacana Anti-LGBT Dalam Pemberitaan Boikot Starbucks Pada Situs Berita Online Edisi 29 Juni - 10 Juli 2017
ABSTRAKERIKA SALMA FAIRUZ, 2110110130229, 2018. Wacana Anti-LGBT Dalam Pemberitaan Boikot Starbucks Pada Situs Berita Republika Online Edisi 29 Juni -10 Juli 2017.Pembimbing Utama, Dr. Hj. Siti Karlina, Dra., M.Si dan Pembimbing Pendamping Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M.T. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Jatinangor. Penelitian ini mengungkapkan wacana yang ditampilkan Republika Online(ROL) dalam pemberitaannya mengenai seruan boikot Starbucks terkait dukungan Howard Schultz terhadap kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Penelitian ini menggunakan metodologi Analisis Wacana Kritis dari Norman Fairclough yang dikombinasikan dengan Teori Hegemoni dan Teori Hierarki Pengaruh Isi Media.Hasil analisis dimensi teks menunjukan bahwa ROLsetuju dengan seruan boikot Strabucks dan menolak dukungan Schultz terhadap LGBT, lewat pilihan kata, metafora, serta narasumber yang ditampilkan. Pada dimensi praktik kewacanaan, wacana Anti-LGBT tampil melalui partisipan reporterROL,di bawah ideologi Islam yang dianut ROL.Pada dimensi sosiokultural, wacana Anti-LGBT pada ROLsejalan denga hegemoni wacana Anti-LGBT yang dominan di Indonesia. Saran peneliti adalah reporter ROLsebaiknya lebih aktif dalam praktik verifikasi informasi pada narsumber, terutama infomasi yang didapatkan melalui rilis.Sebaiknya pembuatan berita di ROL juga lebih berimbang karena berita sangat dipengaruhi oleh ideologi ROL sebagai media komunitas Islam.Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Anti-LGBT, Republika Online
iiABSTRACTErika Salma Fairuz, 2110110130229, 2018.Anti-LGBT Discourse in the News about Starbucks Boycott News inRepublika Online29 June -10 July 2017 Edition. Main Supervisor, Dr. Hj. SitiKarlinah, Dra., M.Si and Vice Supervisor, Pandan Yudhapramesti, S.Sos., M.T. Departement of Journalism Study, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University, Jatinangor.The research was to reveal the discourse that Republika Online(ROL)hadshown in the news about Starbucks boycott regarding Howard Schultz's support for Lesbians, Gay, Bisexual, and Transgender (LGBT). This research usedthe Critical Discourse Analysis methodology of Norman Fairclough combined with Hegemony Theory and Hierarchy Theory of Influence of Media Content.The results of thetext dimension analysis showedthat ROLagreedwith the Strabucks boycott and refusedSchultz's support for LGBT, through the choice of words, metaphors, and resource persons presented. In the dimension of the practice of discourse, the Anti-LGBT discourse appearedthrough the ROLreporters participants, under the Islamic ideology embraced by ROL. In the sociocultural dimension, Anti-LGBT discourse on ROLwasin line with the dominant hegemony of anti-LGBT discourse in Indonesia.The researcher's suggestion is that ROLreporters should be more active in the practice of verifying information on sources, especially information obtained through press releases.The Researcher also suggest ROLto make the news more balanced because the news is strongly influenced by the ideology of ROL as the media of the Islamic community.Keywords: Analysis of Critical Discourse, Anti-LGBT, Republika Online
No copy data
No other version available