Skripsi
Pemahaman Siswa SMAN Jatinangor Terhadap Literasi Digital : Studi Kualitatif Deskriptif Mengenai Pemahaman Literasi Digital Siswa SMAN JatinangorDalam Penggunaan Internet
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital siswa SMAN Jatinangor terhadap penggunaan internet berdasarkan kepada teori oleh Gilster yaitu aspek internet searching, hypertextual navigation, content evaluation dan knowledgeassmebly. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi dan juga wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman literasi digital oleh siswa telah sesuai berdasarkan pada aspek literasi digital oleh Gilster dengan melakukan pencarian informasi, penemuan informasi, pencarian sumber informasi, dan pengaplikasian informasi yang ditemukan. Namun dalam beberapa aspek, siswa belum dapat memahami literasi digital, sehingga dibutuhkan lagi kemampuan dari siswa untuk memahami literasi digital. Kata Kunci : literasi digital, siswa, aspek literasi digital
ABSTRACTThis study aims to find out how digital literacy of Jatinangor High School students on internet use is based on Gilster's theory of internet searching, hypertext navigation, content evaluation and knowledge assumption. The research method used in this study is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques were taken through observation and interviews. The results of this study indicate that students' understanding of digital literacy is appropriate based on aspects of digital literacy by Gilster by conducting information retrieval, finding information, searching for information sources, and applying information found. But in some aspects, students have not been able to understand digital literacy, so the ability of students to understand digital literacy is needed.Keywords: digital literacy, students, aspects of digital literacy
No copy data
No other version available