Skripsi
Hubungan Kemampuan Membaca (Readability) Dengan Prestasi Akademik : Studi Korelasional tentang Hubungan Kemampuan Membaca (Readability) Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
ABSTRAK Deddy Lukman Shaid. 210210120082. 2017. Program studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Hubungan Kemampuan Membaca dengan Prestasi Akademik”.Dr. H. Edwin Rizal, M.Sisebagai pembimbing utama dan Drs.H. Agung Budiono, M.Si.sebagai pembimbing pendamping.Penulisan ini menggunakan Teori kemampuan membaca (readability)sebagai landasan penulisan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan prestasi akademikPenulisan ini menggunakanmetode kuantitatif korelasional. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada responden. Sampel penulisan ini diambil dari 4 angkatan prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjarandan didapati populasi sebanyak 476 mahasisawa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik strata dan menghasilkan sampel sebanyak 84responden.Hasil penulisan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kemampuan membaca dengan prestasi akademik. Saran dalam penulisan ini adalah agar mahasiswa meningkatkan kemampuan membaca dan dapat menulis dengan baik dan benar.Kata kunci: Membaca, Menulis, Prestasi.
iiABSTRACTDeddy Lukman Shaid. 210210120082. 2017. Departement of Librarian Science, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University. “The Correlation Between The Readabality and Achademic Achievment”.Dr. H. Edwin Rizal, M.Si. as first adviser and Drs.H. Agung Budiono.as second adviser.This research uses the ReadabilityTheory as a researchplatform with the aim to determine the correlation between the readability and achademic achievement.This research uses quantitative correlation and data analysis technique by descriptive and inferential statistical analysis, data are collected through questionnaires which are distributed to respondents. The research sample is taken from 4 classes of Departement Libariran Science with476 studentsas population after the withdrawal through the sampling frame, stratified samplingis used and produce 84respondents.The results showed that there is a significant correlation between readability with achademic achievment. Suggestions in this research is Student wants to level up their readability and writecorrectly.Keywords: Read, Write, Achievment.
No copy data
No other version available