Skripsi
Implikasi Perubahan Strategi Bisnis terhadap Kebijakan Konten Majalah Intisari : Studi Kasus Eksplanatoris Robert K. Yin pada Kebijakan Konten sebagai Implikasi Perubahan Strategi Bisnis Majalah Intisari untuk Mempertahankan Eksistensinya
ABSTRAK FEBRIANA REMINISSERE TAMBUNAN, 210110130333, 2013.Implikasi Perubahan Strategi Bisnis terhadap Kebijakan Konten Majalah Intisari. Studi Kasus Eksplanatoris Robert K. Yin pada kebijakan konten sebagai implikasi perubahan strategi bisnis Majalah Intisariuntuk mempertahankan eksistensinya. Pembimbing Utama Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., S.H., M.Si.,dan Pembimbing Pendamping Efi Fadilah,S.Sos.,M.Pd. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, UniversitasPadjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan strategi bisnis Majalah Intisari untuk mempertahankan eksistensinya berimplikasi pada kebijakan konten. Ditinjau dari kondisi internal dan eksternal Majalah Intisari, perubahan strategis dan operasional, konsep manajemen strategi Sylvia Chan-Olmsted, dan Kanvas Model Bisnis Majalah Intisari. Untukmenguraikannya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif denganpendekatan studi kasus eksplanatoris model Prof. Dr. Robert K. Yin.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Majalah Intisari untuk mempertahankan eksistensinya adalah dengan melakukan penajaman segmentasi pembaca dan beralih ke media digital. Dalam dua strategi ini terdapat penyesuaian yakni dengan meningkatkan nilai konten sebagai nilai jual pada pembaca yang baru. Caranya adalah dengan menetapkan empat pilar konten Majalah Intisari yakni Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kesehatan, Karir dan Finansial. Strategi ini diformulasikan dari analisis kondisi internal dan kondisi eksternal Majalah Intisari yang membutuhkan regenerasi pembaca di tengah persaingan dengan media digital. Simpulan penelitian ini adalah Majalah Intisariberadaptasi dengan tantangan yang datang dari kondisi ekternal yakni perkembangan teknologi media. Adaptasi itu diimplementasikan dalam bentuk dua strategi dan keduanya berfokus pada penambahan nilai konten. Untuk mempertahankan eksistensinya, model bisnis Majalah Intisari saat ini berfokus pada aktivitas pembuatan konten dengan empat pilar dan optimalisasi proses beralih ke digital dengan Intisari-online.grid.id. Peneliti menyarankan agar redaksi Majalah Intisari menambah jumlah awak redaksi. Hal ini penting karena tingginya beban kerja yang tidak baik untuk media. Selain itu, Majalah Intisari perlu untuk mewariskan nilai dan budaya kerja Intisari. Agar dapat meningkatkan kualitas nilai konten, Majalah Intisari disarankan memberi lebih banyak ruang bagi kontributor atau penulis lepas yang berkompetensi untuk mengisi Intisari seperti dulu.
No copy data
No other version available