Skripsi
Hubungan antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa : Survey Eksplanatori (Explanatory Survey) pada Siswa Kelas XI dan XIIS MAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor. Model literasi yang digunakan dalam Penelitian ini adalah The Big6yang terdiri dari kemampuan definisi tugas, strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, pemanfaatan informasi, sintesis, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan metode Penelitian survey eksplanatori. Analisis korelasional pada Penelitian ini menggunakan Rank Spearman Rho. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI dan XII dengan menggunakanTeknik simple random sampling. Responden yang dijadikan sampel Penelitian berjumlah 88 responden yang terdiri dari kelas XIberjumlah 34 respondendan XIIberjumlah 54 responden. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong dengan nilai korelasi yang tinggi yaitu sebesar 0.666. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sudah menerapkankemampuan literasi informasi dalam proses pembelajaran disekolah sehingga memperoleh prestasi belajar yang baik. Kata Kunci : literasi informasi, model literasi The Big6, prestasi belajar.sekolah.
iiABSTRACT The research aims to determine the relationshipbetween information literacy skills with student’s learning achievement. Thisresearchused The Big6 Skills as the literacy model consisting of task definition skill, information seeking strategy skill, locating and access skill, use of information, synthesis skill, and evaluation skill. Thisresearch used quantitative approach with explanatory survey method. Correlation analysis in this research using rank spearman rho. The research was conducted among grade XI and XII using simple random sampling as the sampling technique. Theamountof respondents are 88 students, consisting of 34 students from grade XI and 54 students from grade XII. The findings revealed that there is a significant correlation between information literacy skills and student’s learning achievement with high correlation value is 0.666. the conclusion from this research is the students have been able to implement the information literacy skills in learning process so they have a good achievement in the school. Keywords : information literacy, the Big6 literacy model, learning achievement, school
No copy data
No other version available