Disertasi/Tesis/Skripsi
Representasi Tanda Kontradiktif Iklan Rokok Djarumdi Media Televisi Paska Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 : Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce:KonstruksiTanda Kontradiktif Iklan Rokok
ABSTRAK R.Drajatno Widi Utomo, NPM 210130130502,Disertasi, 2019, Representasi Tanda Kontradiktif Iklan Rokok Djarumdi Media Televisi Paska pemberlakuan PP.No 109 tahun 2012 . Tim Promotor: Prof. Dr.Engkus Kuswarno.,MS.(Ketua), Prof.Dr.Yasraf Amir Piliang.,MA.(Anggota), Dr.Herlina Agustin., MT.(Anggota), Program PascaSarjana Ilmu Komunikasi, Universitas PadjadjaranDisertasiini dilatarbelakangi adanya kesadaran akan bahaya merokok bagi kesehatan . Pemberlakuan PP. No 109 tahun 2012 memicu produsen rokok untuk melakukan manuver kreatif menciptakan konfigurasi tanda dalam iklan rokokagar mampu mengimbangi makna bahaya merokokbagi kesehatan. Dua kepentingan antara pihak industri rokok dan pihak pemerintahharus direpresentasikan secara paralel dalam iklan rokok. Bagaimanakah representasi tanda kontradiktif pada iklan rokok?Bagaimanakah konstruksi,pola dan makna tanda kontradiktif pada iklan rokok?Penelitianini menggunakan paradigma interpretif pendekatan konstruksionisperspektif semiotika. Komunikasi dipandang sebagai pembangkit makna.Konsep semiotika C.S. Peirce menjadi landasan konseptual utama yang didukung oleh konsep semiotika Saussure, konsep asimilasi-akomodasi-ekuilibrasiJean Piaget, konsep metafor, konsep psikologi gestalt. Data dianalisis mengacu pada kerangka pemikiran hasil sintesa konseptual tradisi semiotika penelitian ilmu komunikasi Data yang dianalisis adalah data iklan rokok merek Djarum,peraturan iklan rokok pada PP. No.109 tahun 2012 dan beberapa peraturan iklan rokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. tanda kontradiktif: dikonstruksikan diluar iklansebagai realitas eksternal. 2.Tanda kontradiktif dikonstruksikan pada iklan sebagai realitas iklan . Pola tanda kontradiktif cenderung menyebar acaknamun disatukan oleh konsep Gestalt tentang similarity. Makna tanda kontradiktif yang bervariasi memiliki kesamaan yaitu makna sehat sebagai bagian identitas merek rokok Djarumyang dikonstruksi melalui konsepmetafora, konsep humor , konsep kebahagiaan, konsep olahraga,dan konsep kepedulian kelestarian alam. Penelitian ini menawarkan alternatif model representasi tanda kontradiktif iklan rokok yang dapat digunakan untuk : menjelaskan makna/pelanggaran tersembunyi iklan rokok terhadap PP.No 109 tahun 2012, dan menjadi model alternatif cara membaca makna tanda-tanda iklan untuk meningkatkan kemampuan melek media dan melek visual.
No copy data
No other version available