Skripsi
Strategi Komunikasi Webtoonistdi Ciayo Comics : Studi Kasusrobert K.Yinmengenai Strategi Komunikasi Webtoonist Di Ciayo Comicsdalam Upaya Meningkatkan Jumlah Pembaca
ABSTRAK
Liqahanna Aviena Putri, 210110150051, Skripsi, 2019. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Webtoonist di Ciayo Comics”. Pembimbing utama Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si. dan Sandi Jaya Putra, S.Ikom., M.Sn. sebagai pembimbing pendamping. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana strategi komunikasi webtoonist di Ciayo Comics dalam upaya meningkatkan jumlah pembaca komiknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus Yin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antar webtoonist dalam melakukan strategi komunikasi. Terdapat webtoonist yang ingin dikenal anonim, tidak membentuk citra tertentu dan membangun citra baik sebagai komunikator dari komiknya. Webtoonist menentukan target pembaca berdasarkan pasar atau mengikuti keinginan sendiri. Meski berbeda-beda, dalam menyusun pesan, webtoonist sama-sama menggunakan psikologi warna, membuat konten yang relatable, menggunakan bahasa lokal dan asing, memasukkan pesan terselubung atau hint cerita, pesan bermoral positif, dan tidak mengikuti keinginan pembaca sepenuhnya. Alasan webtoonist memilih CIAYO Comics sebagai media untuk komiknya yaitu karena untuk mendapatkan pengalaman baru dan popularitas platform. Sedangkan para webtoonist memilih Instagram sebagai media promosi untuk menghindari konflik di media sosial lain dan merupakan media yang sering dipakai.
Kata kunci : komik, webtoonist, Ciayo Comics
No copy data
No other version available