Skripsi
Strategi Komunikasi Diffe-Learn Berbasis Lintas Budaya Komunitas Saung Baca Guru Minda : Studi Kasus Mengenai Strategi Komunikasi Diffe-Learnber Basis Lintas Budaya Komunitas Saung Baca Guru Minda Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Kota Cianjur
ABSTRAK
Rista Nurmillah. 210110150011. 2015. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. “Studi Kasus mengenai Strategi Komunikasi Diffe-learn Berbasis Lintas Budaya Komunitas Saung Baca Guru Minda dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini di Kota Cianjur”. Dr. Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn. selaku dosen pembimbing utama dan Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, Dra., M.Ext.Ed. selaku dosen pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi berbasis lintas budaya yang dilakukan oleh Komunitas Saung Baca Guru Minda dalam meningkatkan minat baca anak usia dini di Kota Cianjur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi berbasi lintas budaya yang dilakukan Komunitas Saung Baca Guru Minda pada program kegiatan Diffe-learn. Program kegiatan Diffe-learn yaitu untuk pengenalan kebudayaan asing atua lokal dan meningkatkan minat baca anak usia dini. Pada Komunitas Saung Baca Guru Minda, penentukan komunikator pada kegiatan Diffe-learn disebut dengan visitor asing. Pada penggunaan bahasa yang mudah dimengerti akan mempermudah penyampan pesan kepada target sasaran. Pesan yang menarik membuat anak-anak menjadi ingin lebih mengenal budaya. Program kegiatan juga hraus disesuaikan dengan target sasaran yang mana dapat membantu dalam meningkatkan minat baca anak usai dini dan pembelajaran juga harus menyenangkan.
Kata kunci: Strategi komunikasi, Diffe-learn, komunitas, minat baca, usia dini.
No copy data
No other version available