Skripsi
Manajemen Media Detik Travel Sebagai Portal Berita Traveling Berbasis User Generated Content : Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media Detik Travel sebagai Portal Berita Traveling Berbasis User Generated Content
ABSTRAK VINA ELVIRA DWI PUTRI, 210610150040, SKRIPSI, 2019. Manajemen Media Detik Travelsebagai Portal Berita Traveling Berbasis User Generated Content. Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media DetikTravel sebagai Portal Berita Traveling Berbasis User Generated Content. Pembimbing Utama Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S. Sos., M. Si. Dan Pembimbing Pendamping Achmad Abdul Basith, S. I. Kom, M. Si. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Jatinangor.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen media DetikTravel dari segi kerja redaksi dan bisnis sebagai portal berita traveling berbasis User Generated Content. Diulas berdasarkan alasan DetikTravel sebagai pelopor portal berita traveling yang menggunakan konsep User Generated Content ke dalam portal beritanya. Untuk menguraikannya, penelitian ini menggunakan medote penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta menggunakan konsep POAC (George R. Terry), kanvas model (Alexander Osterwalder),SWOT (Philip Kotler). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwaterdapat dua kegiatan utama di dalam kerja redaksi DetikTravel antara lain, melakukan proses penyuntingan naskah yang ketat, dan pengawasan terhadap kontribusi para penggunanya. Hal tersebut bertujuan untukmenjaga kualitas konten UGC yang dihasilkan dan menjaga loyalitas para pengguna. Dari segi bisnis, DetikTravel memiliki dua lini utama sebagai sumberpendapatan mereka, yakni bisnis iklan dan aktivasi. Namun, DetikTravel lebih mengutamakan bisnis aktivasi karena klien tertarik dengan bentuk kerja sama bisnis yanglangsungmelibatkan pengguna. Peneliti menyarankan DetikTravel lebih mengoptimalkan kembali pembagian kerja anggota redaksinya agar kerja redaksi yang dilakukan bisa lebih maksimal. Selain itu, DetikTravel perlu memperbanyakkegiatan workshop guna menjaga kualitas konten yang dihasilkan oleh para pengguna. DetikTravel juga diharapkanbisalebih mengembangkan bentuk aktivasi yang dijalankan menjadi lebih beragam. Kata kunci: DetikTravel, Manajemen, Media Online, Traveling, UGC
ABSTRACTVINA ELVIRA DWI PUTRI, 210610150040, THESIS, 2019. Media Management of Detik Travel as User Generated Content Based Travel News. Descriptive Qualitative Study in Management Media of Detik Travel as User Generated Content Based Traveling News Portal. First Advisor Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S. Sos., M. Si. And Secont Advisor Achmad Abdul Basith, S. I. Kom, M. Si. Department of Journalism Studies, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjajaran, Jatinangor. This study aims to find out the management of Detik Travel in terms editorialand business as User Generated Contentbased traveling news portal. Reviewed based on the reasons Detik Travel as a pioneer of a traveling news portal that uses the concept of User Generated Content. To elaborate, this research uses qualitative method with descriptive study, it also uses the concept of POAC, business model canvas, and SWOT. The results show that there are two main activities in the work of editorial team of Detik Travel, among others: strict editing process of the script and monitoring the contributions of users. It aims to maintain the quality of UGC Content and to maintain user loyalty. From business perspective, Detik Travel has two main lines to earn revenue such as advertising and activation. However, DetikTravel is more optimizng the activation line, because the clients are more intrested in the form of business that involves user engament. Resercher suggests that Detik Travel optimize the division of work, so the editorial work can be maximized. In addition, Detik Travel needs to increase their efforts in maintaing the quality of content produced by users. Detik Travel also expected to further develop the form of activation to be more diverse. Keyword:DetikTravel,Management,Online Media, Traveling, UGC
No copy data
No other version available