Skripsi
Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah : Studi Kasus Komunikasi Guru dan Orangtua Dalam Sistem Pendidikan Sekolah Dasar Thafizhplus Khoiru Ummah Kranggan untuk Mewujudkan Sinergisasi Rumah dan Sekolah
ABSTRAK
Miranthi Faizaqil Karima, 210510150084, 2019, “Komunikasi Guru dan Orangtua dalam Sistem Pendidikan Sekolah”. Dr. Asep Suryana, Drs. M. Si. sebagai Pembimbing Utama dan Dr. Slamet Mulyana, M. I. Kom. sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya sinergisitas komunikasi guru dan orangtua, penerapannya, pembagian peran, dan dinamika komunikasi diantara keduanya dalam sistem pendidikan Sekolah Dasar Thafizh Plus Khoiru Ummah Kranggan untuk mewujudkan sinergisasi rumah dan sekolah. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial dan teori tujuan retorikal dan relasional. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDTP Khoiru Ummah Kranggan melibatkan orangtua sebagai partner pendidik dan pendamping anak di rumah, hal ini dilakukan sebagai upaya mengembalikan peran orangtua sebagai madrasah pertama dan utama anak. Sekolah memfasilitasi program-program dan media- media komunikasi untuk menyinergikan guru dan orangtua, serta mengoptimalkan keduanya menjalankan perannya masing-masing dalam pendidikan anak. Dinamika komunikasi diantara guru dan orangtua pun memiliki peluang gagal dan berhasil. Hambatan komunikasi yang mengganggu kelancaran komunikasi antara guru dan orangtua menghadirkan konsekuensi yang harus dihadapi.
Simpulan dari penelitian ini adalah komunikasi guru dan orangtua dalam sistem pendidikan sangat memengaruhi perkembangan karakter dan penggalian potensi anak. Diperlukan mekanisme komunikasi tersistem dan terkendali yang dapat mengatur keterlibatan orangtua, serta membangun sinergi antara guru dan orangtua dalam sistem pendidikan sekolah.
Kata kunci: komunikasi guru dan orangtua, pelibatan orangtua, komunikasi instruksional.
No copy data
No other version available