Skripsi
Kapitalisasi Big Data Melalui Penggunaan Data Pribadi Dari Pengguna Instagram : Studi Kualitatif Mengenai Dampak Kapitalisasi Data pada Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa Tingkat Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipola kapitalisasi Big Data melalui penggunaan data pribadi pengguna Instagram. Penelitian ini menggunaka n metode penelitian studi kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, pengamatan, serta studi dokumentasi. Kemudian teknik analisis datadengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kapitalisasi yang dijalankan oleh Instagram merupakan proses kapitalisasi data yang menggunakan data dan informasi yang direproduksi oleh penggunanya untuk memperoleh pendapatan dari iklan bertarget yang sesuai dengan informasi minat penggunannya.Hal ini juga membuktikan praktik komodifikasi informasi dilakukan Instagramdengan informasi yang diproduksi oleh penggunanyajugamenimbulkan dampak yang tidak disadari oleh mereka.Berdasarkan hasil penelitian ini juga menunjukka n keuntungan dari proses kapitalisasi yang dijalankan Instagram mampu memotong rantai distribusi sehingga proses distribusi suatu barang dari produsen ke konsumen menjadi lebih efektif dan efisien. Kemudian kerugian yang dialami oleh pengguna adalah timbulnya perilaku konsumtif yang didorong oleh berbagai promosi dan iklan yang relevan dengan minat para penggunanya.Kata kunci: Kapitalisme Data, Komodifikasi Informasi, Instagram
iiiABSTRACTThis study aims to determine the Big Data capitalization pattern through the use of personal data of Instagram users. This study uses a qualitative study research method with data collectiontechniques from interviews, observations, and documentation studies. Then the data analysis technique is by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study showed that the process of capitalization carried outby Instagram is a process of data capitalization that uses data and information that is reproduced by its users to obtain revenue from targeted advertisements that are in accordance with the information of its user interest. This also proves the practice of commodification of information carried out by Instagram with information produced by its users also has an impact that is not realized by them. Based on the results of this study alsoshows the benefits of the process of capitalization that is carried out Instagram is able to cut the distribution chain so that the distribution process of goods from producers to consumers becomes more effective and efficient. Then the loss experienced by the user is the emergence of consumptive behavior that is driven by various promotions and advertisements that are relevant to the interests of its users. Keywords: Data Capitalism, Commodification of Information, Instagram
No copy data
No other version available