Skripsi
REPOSITIONING PADA STASIUN RADIO SIARAN
ABSTRAK
Mita Arnira Primadena, NPM 210110070274, Jurusan Manajemen Komunikasi, 2007. Repositioning Pada Radio Siaran. Dosen pembimbing utama Dadang Sugiana M.Si, Dosen pembimbing pendamping, Duddy Zein M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui latar belakang Radio Kids Fm melakukan Repositioning, mengetahui bagaimana proses repositioning Radio Kids Fm dan mengetahui mekanisme sosialisasi repositioning Radio Kids Fm. Radio Kids FM Bandung merupakan salah satu radio anak pertama di Indonesia, yang sekarang telah melebarkan konsep dengan memperluas segmentasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus merupakan uraian dan penjelasan yang komprehensif mengenai suatu fenomena atau kasus yang memiliki keunikan. Serta memberikan gambaran dan paparan konsep secara mendalam dan detail mengenai Repositioning Pada Radio Siaran Kids FM Bandung.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, latar belakang Radio Kids FM Bandung melakukan repositioning adalah untuk merubah citra radio dengan
memperluas segmentasi menjadi radio ibu dan anak, dengan cara memperbanyak program siaran untuk keluarga. Proses pembentukan repositioning Radio Kids FM
Bandung berawal dari sebuah analisis terhadap kompetitor untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Upaya pembentukan repositioning Radio Kids FM
Bandung dibagi menjadi 2 (dua) yaitu; Analisis Internal yang merupakan seluruh karyawan dan pendengar yang berhubungan dekat dengan Radio Kids FM
Bandung, dan Analisis Eksternal yaitu seluruh lapisan masyarakat yang berada diluar lingkup Radio Kids FM Bandung termasuk pangsa pasar industri. Output
analisis kompetitor menghasilkan sebuah inovasi. Hasil analisis tersebut menghasilkan peluang pasar yang merupakan integrasi dengan analisis internal
sehingga menjadikan sebuah strategi pemasaran. Mekanisme sosialisasi
repositioning yang dilakukan Radio Kids FM adalah dengan melalui event-event
yang diadakan di setiap bulannya. Melalui event tersebut Radio Kids FM Bandung dapat menawarkan program siaran dan mengumpulkan para target market secara langsung.
Kesimpulan yang di dapat, Radio Kids FM Bandung melakukan repositioning dengan alasan karena ingin merubah citra radio menjadi radio yang memiliki segmen ibu dan anak dengan cara memperluas konsep dan segmentasi dengan memperbanyak program-program untuk keluarga dan mengadakan acara talkshow bagi para orang tua. Sedangkan proses pembentukan positioning yang dilakukan oleh Radio Kids FM Bandung melalui beberapa tahapan entitas pemasaran. Secara sederhana proses mekanisme sosialisasi repositioning terdiri dari perubahan tagline saat ini yaitu “for mom and me station” dan melalui event yang diadakan setiap bulan.
No copy data
No other version available