Skripsi
Optimalisasi Pengelolaan Platform Digital Instagram @Panggilin Oleh Panggilin.com : Studi Deskriptif The Circular Model of Social Media Engagement oleh Regina Luttrel Mengenai Proses Optimalisasi Pengelolaan Platform Digital Instagram @Panggilin Oleh Panggilin.com
Abstrak
Maurizka Choirunnisa, 210310150006, Program Studi Hubungan Masyrakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Pengelolaan Platform Digital Instagram @Panggilin oleh Panggilin.com”. Penelitian mengenai The Circular Model of SoMe akun media sosial Instagram @Panggilin oleh Panggilin.com. Peneliti dalam melakukan penelitian nya di bimbing oleh Dr. Feliza Zubair, M. Si sebagai Pembimbing Utama dan Anwar Sani, S. Sos., M.I.Kom. sebagai Pembimbing Pendamping.
Panggilin.com merupakan merupakan startup yang terbentuk pada tahun 2016 dan berbasis startup dalam penyedia jasa. Dalam melakukan aktivitas dan memperkenalkan Panggilin.com kepada publik, Panggilin.com menggunakan media sosial salah satunya Instagram. Akan tetapi kurang optimalnya dalam pengelolaan akun Instagram @Panggilin menjadi hambatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana optimalisasi pengelolaan media sosial Instagram @Panggilin melalui tahap menyebarkan (share), optimalisasi (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini menggunakan metode desskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam optimalisai pengelolaan akun Instagram
@Panggilin berpacu pada fenomena perubahan tekonologi dan digital yang menimbulkan masyarakat mencari informasi secara cepat, actual, dan visual. Namun, @Panggilin belum optimal dalam SDM yang kredibel untuk mengelola media sosial terutama Instagram dan kurangnya konteninformasi mengenai Panggilin.com. pada tahap optimize, akun Instagram @Panggilin tidak menyeimbangkan kualitas dan kuantitas konten karena akun Instagram @Panggilin hanya mengedepankan kuantita. Tahap manage, Panggilin.com tidak mempunyai data resmi khusus mengenai evaluasi akun Instagram @Panggilin dan tidak ada indicator keberhasilan aktivitas akun
@Panggilin/ tahap engage, konten akun Instagram @Panggilin masih minim likes dan komentar, berbanding terbalik dengan jumlah followers yang mencapai seribu.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Panggilin.com, @Panggilin
No copy data
No other version available