Disertasi/Tesis/Skripsi
Fungsi Pengolahan Informasi dan Dokumentasi Sebagai Penyedia Layanan Informasi Publik pada Ppid Kementerian Komunikasi dan Informatika : Studi Kasus Tentang Pengolahan Informasi dan Dokumentasi pada PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menjalankan fungsinya memberikan pelayanan informasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi PPID dalam memberikan pelayanan informasi publik untuk menanggapi permintaan informasi publik, untuk mengetahui pengolahan informasi yang dilakukan PPID agar sesuai dengan permintaan informasi publik, dan untuk mengetahui cara yang dilakukan PPID dalam menyebarluaskan informasi publik yang dibutuhkan oleh pengguna, dengan menggunakan teori pelayanan prima berdasarkan hakekat pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PPID Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memuhi standar hakekat pelayanan prima dalam melakukan pelayanan informasi publik, mengelola informasi publik, dan menyebarluaskan informasi publik dilaksanakan sesuai dengan kaidah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Standar Layanan Informasi Publik berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010.Kata Kunci: PPID, Pelayanan Informasi Publik, Pengelolaan Informasi Publik, Keterbukaan Informasi Publik
iiiABSTRACTThis research discusses Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) of the Ministry of Communication and Informatics in carrying out its function of providing public information services. This research aims to determine the function of PPID in providing public information services to respond to requests for public information, to find out the information processing carried out by PPID to match the request for public information, and to find out how PPID does in disseminating public information needed by users, using excellent service theory based on the nature of public service. The method used in this research is a qualitative method with a case study approach with source triangulation techniques. Data collection techniques carried out by observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that PPID of the Ministry of Communication and Informatics has fulfilled the standards of the essence of excellent service in conducting public information services, managing public information, and disseminating public information carried out in accordance with the rules of Law Number 14 Year 2008 Regarding Public Information Openness, and Service Standards Public Information based on Information Commission Regulation Number 1 of 2010.Keywords:PPID, Public Information Services, Managing Public Information, Openness Public Information
No copy data
No other version available