Disertasi/Tesis/Skripsi
Strategi Promosi Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara : Studi Kasus Mengenai Strategi Promosi Di Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara. Dalam memenuhi tujuan tersebut, maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan yang digunakan ialah Kepala Bagian Perpustakaan Kemensetneg, Kepala Sub-Bagian Layanan Koleksi dan Administrasi Perpustakaan, Pustakawan Madya Perpustakaan Kemensetneg, actual user dan potential user, serta Kepala Sub-bagian Humas Perpustakaan Nasional RI. Data diperoleh melalui wawancara, observasidan dokumentasi. Hasil dari penelitian ialah Perpustakaan Kemensetneg dalam menjalankan strategi promosi memiliki beberapa tahapan antara lain; analisis lingkungandengan menilai tren serta diskusi bersama,berbagai tahapan perumusan strategiyaitu adanya misi sebagai landasan untuk mencapai tujuan, perencanaan strategi, serta kurangnya kebijakan yang mengatur strategi promosi perpustakaan. Adapun tahapanselanjutnyaialah implementasi strategiyang terdiri dari pembentukan program promosi melalui event danmedia, anggaran, dan SOP. Tahapan terakhir adalah evaluasi strategi yang dilakukan dengan menyebar angketyang kemudian dilakukan evaluasi bersama tim perpustakaan. Kata kunci: Strategi Promosi, Perpustakaan Khusus, Manajemen Strategi.
ABSTRACTThe purpose of this research is to find out the promotion strategy carried out by the Ministry of State Secretariat Library.To obtain that purpose, the method used is qualitative research with case study approach. The informants used were the Head of the Library Ministry of State Secretariat, Head of Collection Service Sub-Section and Library Administration,Librarianof the State Secretariat Ministry, actual user and potential user, and Head of Public Relations Sub-Section of the National Library of Indonesia. Data obtained through interviews, observation and documentation. The results of the research are that the Ministry of State Secretariat's Library in carrying out the promotion strategy has several stages, there are; environmental analysis by assessing trends and joint discussions, various stages of strategy formulation namely the existence of a mission as a basis for achieving goals, planning strategies, and lack of policies that govern library promotion strategies. The next stage is the implementation of a strategy consisting of the establishment of a promotion program through events and media, budget, and SOP. The last stage is the evaluation of the strategy carried out by distributing questionnaires which are then evaluated with the library team.Keywords: Promotion Strategy, Special Library, Strategic Management.
No copy data
No other version available