Disertasi/Tesis/Skripsi
Manajemen Arsip Berbasis Otomasi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan : Studi Kasus Tentang Manajemen Arsip Berbasis Otomasi Menggunakan Aplikasi Cepat Tahu di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kuningan
ABSTRAK
Penelitian inimembahas tentang manajemen arsip berbasis otomasi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan.Tujuannyauntuk mengetahuibagaimanamanajemen arsip menggunakan aplikasi Cepat Tahu di unit kerja arsipKantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Kesimpulandari penelitian ini menunjukan bahwaterdapat perencanaanpembuatan aplikasi, manajemen arsip menggunakan aplikasi cepat tahu dimulai dari penciptaan hingga peminjaman. Evaluasi pun dilakukan terhadap kinerja pegawai, tetapi tidak secara khusus mengevaluasi aplikasi dan sistem manajemen arsipnya. Infrastruktur aplikasi pun hanya sebatasdibuat untuk unit kerja arsip dan tidak memiliki jaringan ke seksi manapun. Sumber daya manusiadi unit kerja arsip hanya Kepala Arsipnya saja yang berarti tidak memiliki pola manajerial tertentu. Dikarenakan tidak adanya kebijakan aplikasi dan peraturan pengembangan aplikasi, hal ini perlu adanya perhatian khusus untuk mengembangkan aplikasi dan sistem manajemen arsipnya itu sendiri.Kata Kunci: Manajemen Arsip, Otomasi, Arsip, Aplikasi
ivABSTRACTThis study discusses automation-based archive management at the Kuningan Pratama Tax Office. The goal is to find out how records management uses the Quick Know application in the archive work unit of the Pratama Kuningan Tax Office. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques carried out through observation, interviews, documentation. The conclusions from this study show that there is an application planning, archive management using fast-knowing applications starting from creation to borrowing. Evaluation was also carried out on employee performance, but did not specifically evaluate the application and archive management system. Application infrastructure is only limited to archival work units and has no network to any section. Human resources in the archive work unit are only the Head of Archives which means they do not have a certain managerial pattern. Due to the absence of application policies and application development regulations, this needs special attention to develop the archive application and management system itself.Keywords: Archive Management, Automation, Archives, Applications
No copy data
No other version available