Skripsi
Faktor Yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Gopay : Analisis Regresi Pengaruh Iklan Online, Persepsi Manfaat Penggunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Penggunaan, Biaya dan Kepercayaan Pengguna Pada Intensi Penggunaan GOPAY Mahasiswa Universitas Padjadjaran
ABSTRAK
Balgis Ismet, 2101101501233, 2019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Judul penelitian “Pengaruh Iklan Online, Persepsi Manfaat Penggunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko penggunaan, Biaya dan Kepercayaan Pengguna Terhadap Intensi Penggunaan GOPAYMahasiswa Universitas Padjadjaran”. Pembimbing utama S. Kunto Adi Wibowo, M.Comn., P.hD, dan Rangga Saptya Mohamad Permana, S.I.Kom., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan online, persepsi manfaat penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko penggunaan, biaya dan kepercayaan Pengguna terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa universitas padjadjaran. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM).
Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online
kepada mahasiswa Universitas Padjadjaran. Metode sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik cluster yang distratifikasi sesuai proporsi jumlah mahasiswa di setiap fakultas di Universitas Padjadjaran.Data dari
343 responden yang menggunakan GOPAY dianalisis menggunakan metode
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan online, persepsi manfaat
penggunaan, dan persepsi kepercayaan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap intensi penggunaan GOPAY. Sementara itu, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko penggunaan, dan persepsi biaya tidak memiliki pengaruh terhadap intensi penggunaan GOPAY. Faktor yang paling berpengaruh pada intensi penggunaan GOPAY adalah persepsi kepercayaan pengguna. Suatu kepercayaan yang tertanam dari diri individu akan membantu untuk mengatasi kekhawatiran dalam penggunaan layanan yang ada sehingga dengan tidak ragu pengguna layanan menggunakan layanan mobile payment tersebut.
Kata kunci : mobile payment, intensi penggunaan, Technology Acceptance Model
(TAM)
No copy data
No other version available