Skripsi
Presentasi Diri Anggota Fanbase di Instagram melalui Finstagram dan Rinstagram : Studi Kasus Mengenai Perbedaan Presentasi Diri Anggota Remaja Fanbase Exo-L Bandung di Instagram melalui Finstagram dan Rinstagram
ABSTRAK
Amalia Rizki Anggraini, 210110150121. 2019. Presentasi Diri Anggota Fanbase di Instagram melalui Finstagram dan Rinstagram (Studi Kasus Mengenai Perbedaan Presentasi Diri Anggota Remaja Fanbase Akun EXO-L Bandung di Instagram melalui Finstgram dan Rinstagram). Nindi Aristi, S.Sos., M.Comn. selaku pembimbing utama dan Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M. Ext. Ed. selaku pembimbing pendamping. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai; 1) mengetahui strategi positif (ingratiation) anggota EXO-L Bandung dalam finstagram dan rinstagram, 2) mengetahui strategi intimidasi (intimidation) anggota EXO-L Bandung melalui finstagram dan rinstagram, 3) mengetahui strategi promosi diri (self-promotion) anggota EXO-L Bandung dalam finstagram dan rinstagram, 4) mengetahui strategi mencontohkan (examplification) anggota EXO-L Bandung dalam finstagram dan rinstagram, 5) mengetahui strategi tambahan (supplication) anggota EXO-L Bandung melalui finstagram dan rinstagram, 6) dan mengetahui alasan anggota EXO-L Bandung melakukan strategi-strategi presentasi diri dalam finstagram dan rinstagram.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara mendalam, dokumen, dan observasi non partisipan dengan 5 orang anggota remaja fanbase EXO-L Bandung dan 1 orang ahli media sosial. Di samping itu juga ditambah dengan studi kepustakaan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik member check.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) strategi kesan positif (ingratiation) lebih banyak dilakukan melalui finstagram daripada rinstagram, 2) strategi intimidasi (intimidation) tidak pernah dilakukan melalui finstagram dan rinsatgram, 3) strategi promosi diri (self-promotion) yang melibatkan hobi serta minat lebih sering ditunjukkan melalui finstagram dan untuk menunjukkan kebanggan sebagai seorang EXO-L ditunjukkan melalui rinstagram, 4) strategi mencontohkan (examplification) dilakukan dalam cara dan bentuk yang beragam sesuai dengan kehendak masing-masing, 5) strategi tambahan (supplication) lebih sering ditunjukkan melalui finstagram, 6) Alasan melakukan presentasi diri dalam finstagram dan rinstagram didasari oleh klasifikasi audiens, citra yang ditampilkan, dan berhubungan dengan kepercayaan diri.
Kata kunci: Presentasi diri, Instagram, finstagram, rinstagram, remaja, k-pop
No copy data
No other version available