Disertasi/Tesis/Skripsi
Manajemen Aset Foto Digital Sebagai Produk Informasi : Studi Kasus Mengenai Manajemen Aset Foto Digital sebagai Produk Informasi di Pusat Penelitian dan Pengembangan Kompas Jakarta
ABSTRAK
Aset foto digital merupakan hak intelektual atas suatu konten digital yaitu foto. Foto digital tersebut merupakan foto jurnalistik karya pewarta Kompas dari tahun 1965 hingga kini dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kompas menjadi sebuah produk informasi. Tujuan dari penelitian ini adalahuntukmengetahui bagaimana Manajemen Aset Foto Digital sebagai Produk Informasi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kompas Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitumetode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Adapun yang menjadi informan adalah Manajer Pengembangan Produk Informasi, PIC (person in charge)Manajemen Arsip Digital dan Staf Layanan. Langkah dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasiserta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa foto jurnalistik memiliki nilai komersial karena terdapat demand terhadap penggunaan foto tersebut. Penciptaan aset foto digital terdapat foto born digital dan foto yang harus dilakukan alih media. Pengelolaan terdiri dari pengindeksan dengan menggunakan standar IPTC, pembuatan metadata menggunakan aplikasi fotostation, sinkronisasi, serta koreksi. Penyimpanan diunggah ke dalam server dan melakukan backup data dicloud.Distribusi melalui website, dan dalam penggunaan kembaliaset foto digitaloleh pihak eksternal hanya mendapat Hak Guna terhadap foto.Metode penetapan hargaberdasarkan pesaing dengan melakukan benchmark. Strategi promosi yang dilakukan melalui metode personal selling, mass sellingmelalui sosial media, danword of mouth.Kata Kunci: Manajemen Aset Digital, Foto Jurnalistik,Foto Digital, IPTC,Produk Informasi.
iiABSTRACTDigital photo asset isintellectual property of digital content, namely photographs. The digital photo is a journalistic photo by Kompas reporters from 1965 until now which managed by the Research and Development Center KompasJakartato become an information product.The purpose aimedto find out how Digital Photo Asset Management as an Information Product conducted by the Research and Development Center of Kompas Jakarta. The method used in this study was a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques throughed observation, interviews, documentation, and literatue studies. The informants were Information Product Development Manager, PIC (person in charge) Digital Archive Management and Service Staff. Steps in analyzing this research data using the stages of data reduction, presentation, verification and conclusion. The validity test of the data was done by triangulation. The results of the analysis of this study indicate that journalistic photos have commercial value because there isa demand for the usage of these photos. Creation of digital photo assets aredigital born photos and photos that must be digitalized.Management consists of indexing using IPTCstandard, the metadata was writing byphotostation, synchronization, and correction. The datawas uploaded to the server and data was backs upto the cloud. The distributionisthrough the website, and reuse by external parties only gets the rightsuseto the photos. Pricing methodsbased on competitors by benchmarking. Promotion strategies are carried out through personal selling, mass selling methods through social media, and word of mouth.Keywords: Digital Asset Management, Photo Journalism,Digital Photo, IPTC,Information Products.
No copy data
No other version available