Disertasi/Tesis/Skripsi
Hubungan Storytelling dengan Minat Baca Siswa : Studi Korelasional Mengenai Hubungan Storytelling dengan Minat Baca Siswa di SD Negeri Cikeruh II Jatinangor
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Storytellingdengan minat baca siswa di SD Negeri Cikeruh II Jatinangor. Metode yang digunakan yaitu analisis korelasional, objek penelitian ini adalah anak-anak siswa SD negeri Cikeruh II Jatinangor yang berjumlah75 orang. Penelitian ini menggunakan teori behaviorisme dari Gutrie kemudian dikukur dengan aspek-aspek Storytellingdari Gain dan Jean Brewater (2014) yaitu (1) konten (2) Bahasa (3) genre dan (4) ilustrasi yang dijadikan sebagai sub variable X dan minatbaca sebagai variable Y. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 anak yang menjadi peserta Storytellingyang berada di kelas 4-5. Teknik sampling yang digunakan adalahtotal sampling karena terbatasnya jumlah anak di kelas 4-5. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ke empat aspek Storytellingyakni konten, bahasa, genre dan ilustrasi memiliki hubungan yang signifikan dengan minat baca. Kemudian dengan menggunakankriteria Guilford dan melihat hasil dari koefesien variabel maka semua dinyatakan hubungan Storytellingdengan minat baca secara keseluruhan cukup berarti. Kata kunci : anak-anak, minat baca, sd negeri cikeruh II jatianangor, storytelling.
ABSTRACTThis study aims to determine the relationship between storytelling with students interest in reading in Cikeruh II Elementary School, Jatinangor. The method used is correlational analysis, the object of this research is 75 children of Cikeruh II Jatinangor state elementary school students. This study uses thetheory of behaviorism from Gutrie then measured by the Storytelling aspects of Gain and Jean Brewater (2014), namely (1) content (2) Language (3) genre and (4) illustrations that are used as sub-variables X and reading interest as variable Y. Data collection techniques used are questionnaires, interviews and literature studies. The population in this study amounted to 75 children who became Storytelling participants who were in grades 4-5. The sampling technique used was total sampling because of the limited number of children in grades 4-5. From the results of this study concluded that the four aspects of Storytelling namely content, language, genre and illustration have a significant relationship with reading interest. Then by using the Guilford criteria and seeing the results of the variable coefficients, all are stated to be Storytelling with significant overall reading interest.Keywords: children Storytelling,Cikeruh II Jatianangor public elementary school, reading interest
No copy data
No other version available