Skripsi
Hubungan Workshop The 5thEmployee CSR Competitiondengan Sikap Peserta Terhadap Pelaksanaan Program CSR di Lingkungan Tempat Tinggalnya Masing-Masing : Studi Korelasional Hubungan WorkshopEmployee CSR Competition ke-5 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesiadengan Sikap Karyawan Toyota Indonesia sebagai PesertaTerhadap Pelaksanaan Program CSR pada Bidang Community Relations di Lingkungan Tempat Tinggalnya Masing-Masing
ABSTRAK
Alvytri Cintya 210 310 150038, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Workshop The 5th Employee CSR Competition dengan Sikap Peserta Terhadap Pelaksanaan Program CSR di Lingkungan Tempat Tinggalnya Masing-Masing.” Penelitian ini berada di bawah bimbingan Dr. H. Iriana Bakti, M.Si sebagai pembimbing utama dan Priyo Subekti, S.Sos., M. Si sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Workshop Employee CSR Competition ke-5 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dengan Sikap Karyawan Toyota Indonesia sebagai Peserta Terhadap Pelaksanaan Program CSR pada Bidang Community Relations di Lingkungan Tempat Tinggalnya Masing-Masing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan landasan teori Komunikasi Persuasi. Sampel dari penelitian ini merupakan peserta workshop yang merupakan karyawan Toyota Indonesia sejumlah 37 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kedua variabel X dan Y namun, indikator dari sub variabel X masih belum tercapai dengan maksimal yang mana hasil angket mengindikasikan suatu kesimpulan bahwa komunikasi persuasi yang dilakukan oleh pemateri belum dapat memengaruhi sikap mereka dari segi aspek kognitif, afektif, dan konatif mengenai pelaksanaan CSR di bidang community relations.
Saran dari penelitian ini adalah pemateri sebaiknya diberikan satu hari penuh untuk pemaparan materi mengenai community relations dibandingkan dengan menumpuk beberapa orang untuk memaparkan materi yang berbeda-beda yang membuat peserta terdistraksi dalam menerima komunikasi persuasi mengenai pelaksanaan program CSR di lingkungannya. Selain itu, penelitian ini dapat dilanjutkan dengan mengambil tema yang lebih mendalam mengenai program Employee CSR Competition dan pengaruhnya terhadap kesadaran, sikap, atau tindakan karyawan terhadap pelaksanaan program CSR di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.
Kata Kunci: CSR, Community Relations, Komunikasi Persuasi, Community Development
No copy data
No other version available