Skripsi
Kegiatan Media Trip Mancanegara Oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata : Studi Deskriptif Mengenai Kegiatan Media Trip Mancanegara sebagai Kegiatan Media Relations oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata
ABSTRAK
Media Trip Mancanegara merupakan kegiatan media relations yang dilakukan oleh Bagian Publikasi Mancanegara karena rendahnya jumlah pemberitaan mengenai destinasi wisata Indonesia di media asing. Sasaran kegiatan Media Trip Mancanegara adalah media asing yang memiliki kode etik, segmentasi berita, standar nilai berita dan aturan yang mengikuti pers negara asal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kegiatan Media Trip Mancanegara, komunikasi dan pelaksanaan kegiatan Media Trip Mancanegara oleh Bagian Publikasi Mancanegara. Metodelogi yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan Media Trip Mancanegara dimulai dari pemetaan permasalahan, tujuan serta prinsip Media Trip Mancanegara, penentuan media asing penetapan lokasi dan tanggal Media Trip Mancanegara, serta pembuatan itinerary kegiatan. Komunikasi dengan media asing, yaitu media AFP dilakukan dalam jarak 2 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan Media Trip Mancanegara. Pelaksanaan Media Trip Mancanegara dilakukan pada tanggal 10-13 September 2018 dengan mengunjungi beberapa lokasi seperti Londa, Ke’te Kesu’, Rambu Solo dan media session dengan Dinas Pariwisata Toraja Utara. Namun salah satu atraksi budaya utama yaitu Ritual Manene gagal diikuti karena kesalahan komunikasi antara Bagian Publikasi Mancanegara dengan pihak tour guide.
Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap perencanaan Bagian Publikasi Mancanegara belum sepenuhnya menjalankan tujuh garis besar perencanaan press tour. Tenggat waktu komunikasi yang dilakukan oleh Bagian Publikasi Mancanegara dengan pihak media AFP sangat dekat dengan tanggal pelaksanaan sehingga menyulitkan proses komunikasi media AFP yang harus berkoordinasi dengan kantor pusat di Perancis. Pelaksanaan Media Trip Mancanegara belum memenuhi enam strategi pelaksanaan media relations.
Kata kunci : media relations, Media Trip Mancanegara, Kementerian
Pariwisata
No copy data
No other version available