Skripsi
Personal Branding Puteri Indonesia Jawa Barat2018 : Studi Deskriptif Personal Branding Tria Devita Sari Sebagai Puteri IndonesiaJawa Barat 2018 Melalui Media Instagram
ABSTRAK
Jihan nabila putri, 210310150041, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul “Personal Branding Puteri Indonesia Jawa Barat 2018” dengan pembimbing utama Dr. Lukiati Komala M.Si dan sebagai pembimbing pendamping Fx Ari Agung Prastowo M.Ikom.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses personal branding yang dijalani Tria sebagai Puteri Indonesia Jawa Barat melalui kompetensi, standar, dan gaya yang ditampilkan pada akun instagram @Tria_devita. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma positivisme dan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tria memiliki kompetensi yang terdiri dari pengetahuan yaitu mulai dari issue sosial (wawasan) mengenai Jawa Barat hingga pengetahuan public speaking, kemudian keterampilan, konsep diri serta karakteristik Tria yang menunjang sebagai Puteri Indonesia Jawa Barat. Kemudian Standar yang diterapkan Tria terdiri dari Standar praktis dan teknis, standar praktis upaya yang dilakukan Tria untuk menjalin hubungan dengan followersnya, setelah itu standar teknis yang dijalani Tria yaitu perencanaan serta aturan yang diterapkan Tria, ada beberapa hal yang Tria lakukan tidak sesuai dengan konsep dan pendapat tringulator. Gaya yang dimiliki Tria dalam personal branding-nya dapat dikategorikan kedalam dua bagian yakni dalam penampilan dan kepribadian. Penampilan yang dimiliki Tria terdiri dari ciri khas, pembeda dan cara berinteraksi Tria. Tria memiliki wajah yang cantik, mimik muka khas sunda, sifat humble dan memiliki keterampilan merawat diri membuat Tria menarik dan dikagumi para followersnya, kemudian Tria memperlihatkan gaya sesuai dengan kepribadian yang positif humble sederhana sehingga hasil yang didapatkan positif dan diterima masyarakat.
Saran peneliti Tria lebih menambah pengetahuan untuk penulisan caption secara profesional agar lebih menarik serta lebih menginspirasi banyak orang, pengetahuan mengenai design fotografi. Kemudian sebaiknya Tria membuat konten yang lebih spesifik yang berkaitan dengan bidang-nya saat ini dalam dunia sosial yang lebih menginspirasi, dan yang terakhir saat berinteraksi dengan followersnya lebih ditingkatkan kembali serta memiliki standar waktu untuk mengunggah.
Kata Kunci :Personal Branding, Instagram, Puteri Indonesia,Tria.
No copy data
No other version available