Skripsi
Hubungan Kredibilitas Guru Dengan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur’an : Studi Korelasional Hubungan antara Kredibilitas Guru Mata Pelajaran Baca Tulis Terjemah Hafalan Qur’an (BTTHQ) dengan Motivasi Siswa Menghafal Ayat Al-Qur’anPilihandi SMA Darul Hikam Bandung
ABSTRAK
Rizki Rahmatullah Pamungkas, 210110130162, 2017. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran tahun 2013. Judul penelitian, “Hubungan Kredibilitas Guru Dengan Motivasi Siswa Menghafal Al-qur’an”. Drs. Pramono Benyamin, M.Pd., sebagai pembimbing utama dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom, sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara (1) keahlian guru dengan motivasi siswa menghafal Al-qur’an, (2) keterpercayaan guru dengan motivasi siswa menghafal Al-qur’an, (3) daya tarik guru dengan motivasi siswa menghafal Al-qur’an. Penelitian ini menggunakan Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, dan Kelley,yang memiliki asumsi bahwa seseorang lebih mudah dipersuasi ketika sumber komunikasi menunjukan dirinya sebagai orang kredibel.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakanangket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 214 siswa SMA Darul Hikam Bandungtahun ajaran 2017/2018 yang duduk di kelas XI dan XII. Jumlah sampel penelitian yakni sebanyak 139 siswa yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas guru mata pelajaran Baca Tulis Terjemah Hafalan Qur’an (BTTHQ) dengan motivasi siswa SMA Darul Hikam menghafal Al-qur’an. Artinya kredibilitas guru mata pelajaran BTTHQ saat mengajar di dalam kelas dapat memengaruhi motivasi siswa untuk meghafal Al-qur’an.
Kata Kunci: kredibilitas guru,siswa, dan motivasi menghafal
No copy data
No other version available