Skripsi
Pengalaman Komunikasi Pendamping Dengan Anak Disabilitas Majemuk : Studi Fenomenologi Mengenai Pengalaman Komunikasi Pendamping Terhadap Anak Disabilitas Majemuk di Yayasan Sayap Ibu Bintaro
ABSTRAK
Lauditta Nurseptia Prihandhini, 210110150067. Pengalaman Komunikasi Pendamping dengan Anak Disabilitas Majemuk. Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed selaku dosen pembimbing utama dan Ditha Prasanti, S.I.Kom., M.I.Kom selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman komunikasi pendamping dengan anak disabilitas majemuk di Yayasan Sayap Ibu Bintaro; (1) motif pendamping di Yayasan Sayap Ibu Bintaro; (2) makna diri pendamping di Yayasan Sayap Ibu Bintaro; (3) penggunaan komunikasi verbal dan non verbal pendamping dengan anak disabilitas majemuk. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta menggunakan teori interaksionalisme simbolik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi.
Hasil penelitan ini menunjukan (1) motif seseorang menjadi pendamping terbagi menjadi motif sebab, yaitu: (a) mendapat ajakan dari orang lain hingga menimbulkan empati; dan (b) rasa kasih sayang; dan motif tujuan (a) mendapatkan pengalaman, dan (b) mengembangkan kemampuan. (2) Makna diri pendamping adalah menjadi orang tua bagi anak disabilitas majemuk. (3) Penggunaan komunikasi verbal yang sering digunakan oleh para pendamping adalah memberikan motivasi serta memberikan nasihat-nasihat kepada anak disabilitas majemuk, dan penggunaan komunikasi non verbal yang digunakan oleh para pendamping dengan melakukan gerak atau bahasa tubuh saat sedang berkomunikasi dengan anak disabilitas majemuk yang berada di Yayasan Sayap Ibu Bintaro (YSIB).
Kata Kunci: Komunikasi, Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus, Anak
Disabilitas Majemuk
No copy data
No other version available