Skripsi
Faktor Yang Memengaruhiintensi Penggunaan Gopay : Analisis Regresi Pengaruh Iklan Online, Persepsi Manfaat Penggunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Norma Subjektif, Dan Citra Sosial Pada Intensi Penggunaan GOPAY MahasiswaUniversitas Padjadjaran
ABSTRAK
Marysa Salsabila Munawarah, 2101101501254, 2019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Judul penelitian “Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan GOPAY”. Pembimbing utama S. Kunto Adi Wibowo, M.Comn., P.hD, dan Rangga Saptya Mohamad Permana, S.I.Kom., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan online
terhadap intensi penggunaan GOPAY pada mahasiswa Universitas Padjajaran, 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi manfaat penggunaan terhadap intensi penggunaan GOPAY pada mahasiswa Universitas Padjajaran, 3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap intensi penggunaan GOPAY pada mahasiswa Universitas Padjajaran, 4) untuk mengetahui bagaimana pengaruh norma subjektif terhadap intensi penggunaan GOPAY pada mahasiswa Universitas Padjadjaran, 5) untuk mengetahui pengaruh iklan online, persepsi manfaat penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, norma subjektif, dan citra sosial pada intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM).
Sampling diambil dengan teknik cluster stratfikasi yang diproporsi. Uji statistik dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh iklan online GOPAY terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran, 2) terdapat pengaruh persepsi manfaat penggunaan GOPAY terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran, 3) tidak terdapat pengaruh persepsi kemudahan penggunaan GOPAY terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran, 4) terdapat pengaruh norma subjektif terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran, 5) terdapat pengaruh citra sosial terhadap intensi penggunaan GOPAY mahasiswa Universitas Padjadjaran.
Faktor yang paling berpengaruh pada intensi penggunaan GOPAY adalah persepsi manfaat
penggunaan. Ketika seseorang menganggap penggunaan mobile payment dapat memberikan manfaat dan keuntungan yang tidak mereka dapat ketika menggunakan metode tradisional atau metode pembayaran lainnya, mereka akan memiliki intensi positif untuk mengadopsi metode pembayaran tersebut.
Kata kunci : mobile payment, intensi penggunaan, Technology Acceptance Model (TAM)
No copy data
No other version available