Disertasi/Tesis/Skripsi
Pengelolaan Rumah Baca Anak “Sahabat Jiwa” oleh Komunitas Sahabat Jiwa : Studi Fenomenologi Mengenai Motif Komunitas Sahabat Jiwa Dalam Mengelola Rumah Baca Anak “Sahabat Jiwa” di Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon
Abstrak
Penelitian ini membahas tentangpengelolaanrumah baca anak “sahabat jiwa”oleh komunitas sahabat jiwa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konstruksi makna Pengelolaan Rumah Baca Anak “Sahabat Jiwa” bagi pengeloladan motif Pengelola Komunitas Sahabat Jiwa dalam mengelola Rumah Baca Anak “Sahabat Jiwa”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dari pemikiran Alfred Schutz. Informan penelitian ini adalah enam orang pengelola rumah baca anak “sahabat jiwa”. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dalam pengelolaan rumah baca anak “sahabat jiwa” yaitu because motivesyang terdiri dari berbagi ilmu karena kemampuan berbahasa inggris yang dimilikinya dan mencari pengalaman setelah memenuhi ajakan temannya yang tergabung dalam pengelola rumah baca anak “sahabat jiwa”. Kemudianin order to motivesterdiri daripengabdian, menumbuhkan minat membaca anak di Kampung Purwasari, membangunkarakter anakdan meningkatkan kualitas anak di Kampung Purwasari. Sedangkankonstruksi makna Pengelolaan Rumah Baca Anak “Sahabat Jiwa” bagi pengelolayaitu Rumah Kedua” bagi para pengelola. Kata kunci: motif pengelolaan, konstruksi makna, Fenomenologi Alfred Schutz
AbstractThis research is talkingmanagement of child reading houses “sahabat jiwa” by a sahabat jiwa community. This research is aimed to discoverthe meaning construction of Sahabat Jiwa child reading house management toward manager and motive of those managers in doing management of this child reading house. The methode in this research is qualitative within phenomenology approachment by Alfred Schutz. To fulfil the data, there are six informants of Sahabat Jiwa child reading house managers. Data of this research are collected by using observation, interview and documentation. The results show that the motive is because motive such as to give several knowledge such English and to look for more experiences after being asked by friends which have been joined first. Another finding is in order to motives such as service, to increase child’s reading interest in Kampung Purwasari, build up child character and to develop child’s quality in Kampung Purwasari. While the meaning construction in managing Sahabat Jiwa child reading house toward its managers is as a second home for them.Key words: Managing motives, meaning construction, Phenomenology Alfred Schutz
No copy data
No other version available