Disertasi/Tesis/Skripsi
Efektivitas Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Astronomi : Studi Eksperimental mengenai Efektivitas Metode Storytelling dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Astronomi di SDN Padurenan II Kota Bekasi
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitasmetode storytellingdalam meningkatkan pemahaman siswa tentang astronomi. Populasi dalam penelitian ini anak-anak kelas 5 SDN Padurenan II.Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas5 D SDN Padurenan II, yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pengolahan data secara analisis deskriptif, analisis uji perbedaan skor rata-rata, dan analisis uji beda menggunakan uji McNemar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran lembar evaluasi, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini, skor rata-rata pada kelompok eksperimen pasca uji tingkat keefektifannya lebih besar daripada skor rata-rata pada kelompok eksperimen pra uji. Hal ini dilihat dari perbandingan hasil lembar evaluasi pre-testdan post-test. Hasil skor rata-rata lembar evaluasi pre-testdan post-testdari 44,73 menjadi 73,09. Jadi selisih hasil lembar evaluasi pre-testdan post-testkelompok ekperimen, yakni 28,36. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji beda McNemar ditemukan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang astronomi pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan metode storytellingdengan nilai p-valuenya atau asymp sig (0,000) < alpha (0,05). Jadi kesimpulannya dengan taraf signifikan 0,05 dapat diambil kesimpulan bahwa hasil penelitian menyatakan metode storytellingefektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang astronomi.
Kata Kunci : astronomi, metode storytelling, pemahaman siswa
Deskripsi Alternatif :
ABSTRACT
The purpose of this research is to determine the effectiveness of storytelling methods in increasing studentÂ’s knowledgeaboutastronomy. The population of this study arethe 5th grade children of SDN Padurenan II. The sample of thisstudy is all student of class 5D SDN Padurenan II which is divided in experiment group and control group which is 20 peoples. The research methodwasused is an experimentalmethodwith descriptive analysis data processing, difference of mean scoretest analysis, and different tests analysis using McNemarmethod. Data collectiontechnique wasused through the dissemination of evaluation sheets, observation, interview, and literature study. Based on the results of this study, the mean score in the experimental group after the test of effectiveness isgreater than the mean score in the pre-test experimental group. It based on the comparison betweenthe results of pre-test and post-testevaluation. The mean score of the pretestand post test evaluation was increasedfrom 44,73 to 73,09. So the difference between pre-test and post-test result of experiment group is 28,36. Based on the result of data analysis using McNemar test analysismethod, itÂ’s foundthere was an increased studentÂ’s knowledgeon experimental group for understanding of astronomy before given storytelling methodand after given,withp-value or assymp sig (0,000) < alpha (0,05). So the conclusion with 0,05 significant level can be determinedthatthe result shows that storytelling method is effective for increasing studentÂ’s knowledge about astronomy.
Keywords: astronomy, storytellingmethod, studentÂ’s knowledge
No copy data
No other version available