Skripsi
Strategi Personal Branding Ridwan Kamil di Media Sosial sebagai Walikota Bandung : Studi Deskriptif pada Strategi Personal Branding Ridwan Kamil Sebagai Walikota Bandung Menggunakan Twitter, Instagram, dan Facebook
ABSTRAK
Dian Monica Stephani Sirait, 210110120117, mahasiswi Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universtias Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Personal Branding Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung di Media Sosial”. Pembimbing utama dalam penelitian ini adalah Dr. Hj. Susanne Dida, M.M dan pembimbing pendamping adalah FX. Ari Agung Prastowo S.Sos, M.Ikom
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding yang dilakukan Ridwan Kamil di Twitter, Facebook, dan Twitter. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Teori yang digunakan adalah Teori Personal Branding oleh Hubert K. Rampersad. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media sosial Ridwan Kamil dikelola oleh tim untuk Facebook dan Twitter, sementara Instagram dikelola oleh Ridwan Kamil sendiri. Tim media Sosial Ridwan Kamil menerapkan strategi komunikasi media sosial dimana setiap media sosial memiliki perbedaan materi isi. Sedangkan, personal branding Ridwan Kamil di Twitter, Facebook, dan Instagram berkaitan dengan sasaran brand, spesialisasi, jasa, atribut dominan, dan khalayak sasaran yang saling berkaitan dan melengkapi meskipun positioning penggunaan tiap media sosial berbeda.
Kata kunci: branding, personal branding, media sosial, pemimpin
No copy data
No other version available