Skripsi
Perencanaan Strategis Kampanye Bandung Eco Transport oleh Gerakan Budaya Disiplin Bandung : Studi Deskriptif Mengenai Tahapan Perencanaan Strategis Kampanye Bandung Eco Transport Usaha Gerakan Budaya Disiplin Bandung Dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat Kota Bandung tentang Ketertiban dan Keadaan Kota Bebas Macet
ABSTRAK
Muhammad Al Fata Ramadhan, 210110120055. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Melakukan penelitian yang berjudul “Perencanaan Strategis Kampanye Bandung Eco Transport oleh Gerakan Budaya Disiplin Bandung”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si sebagai pembimbing utama dan FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formatif riset, perencanaan tindakan strategis, pelaksanaan komunikasi, dan evaluasi dari kampanye Bandung Eco Transport. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif dan menggunakan model empat tahap perencanaan strategis kampanye PR.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa formatif riset untuk kampanye ini sebagian besar dilakukan dengan cara memperoleh data dari pengalaman informan. Perencanaan tindakan strategis dilakukan dengan menetapkan tujuan dan target publik yang masih terlalu luas. Lalu hasil dari pelaksanaan komunikasi tidak dibarengi dengan jangka waktu yang ditentukan secara rinci, dan evaluasi yang dilakukan cenderung sebatas evaluasi internal organisasi.
Formatif riset kampanye ini terdiri dari analisis masalah melalui elemen SWOT, penetapan latar belakang, dan pengumpulan data prakampanye. Perencanaan strategis terdiri dari penetapan tujuan spesifik, penetapan khalayak, strategi, dan pemilihan media kampanye sebagai taktik komunikasi. Pelaksanaan kampanye ini terdiri dari bagaimana jangka waktu dan pendanaan yang dibutuhkan dalam kampanye. Lalu evaluasi kampanye ini terdiri dari evaluasi internal organisasi dan evaluasi pencapaian target atau efek yang diinginkan.
Saran untuk penelitian ini Gerakan Budaya Disiplin Bandung sebagai pelaku dan pengelola kampanye dapat memperdalam riset dengan menggunakan alat ukur survey online, untuk menetapkan tujuan kampanye yang realistis dan jangka pendek. Lalu penentukan target publik kampanye yang perlu dipersempit agar taktik komunikasi yang ditentukan dapat berjalan efektif dan efisien. Jangka waktu juga penting untuk dirancang secara rinci agar setiap tahapan kampanye berjalan lebih sistematis. Juga evaluasi secara formal yang perlu ditambahkan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari setiap taktik komunikasi mencapai tujuan kampanye.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis, Kampanye, Bandung Eco Transport
No copy data
No other version available