Skripsi
Destination Branding Setu Babakan Sebagai Perkampungan Budaya Betawi : Studi Deskriptif Kualitatif tentang Destination BrandingSetu Babakan sebagai Perkampungan Budaya Betawi oleh Unit Pengelolaan Kawasan
ABSTRAK
Muhammad Fahri Prasetio 210310140045, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Destination Branding Setu Babakan sebagai Perkampungan Budaya Betawi”. Studi deskriptif Destination Branding Seru Babakan Sebagai Perkampungan Budaya Betawi dibimbing oleh Trie Damayanti, S.Sos., M.Si. sebagai Pembimbing Utama dan Priyo Subekti, S.Sos, M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping.
Destination Branding adalah upaya branding dengan menampilkan citra sebuah tempat wisata. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana Destination Branding Setu Babakan sebagai Perkampungan Budaya Betawi meliputi proses proses pelayanan, strategi komunikasi, dan infrastruktur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa UPK PBB Setu Babakan pada proses pelayanan belum mampu menciptakan Brand Promise dan Brand Identity, masih terdapat perbaikan pada Implementasi nilai brand promise dan brand identity pada Stakeholder yang mengimplementasikan nilai-nilai brand Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Pada strategi komunikasi UPK PBB Setu Babakan belum memiliki key message yang tepat, penentuan key public oleh UPK PBB Setu Babakan menetapkan wisatawan atau turis yang mengunjungi Setu Babakan. Selain itu penyampaian pesan terhadap publik internal sudah tersampaikan dengan baik dengan berkumpul baik formal dan informal, pelatihan, dan menjalin komunikasi dengan baik. Publik eksternal belum tersampaikan dengan baik dalam pemanfaatan media sosial dan media massa belum dimanfaatkan dengan baik. Pada pengembangan fasilitas pendukung wisata, UPK PBB Setu Babakan sudah memberikan nuansa betawi zaman kuno dan fasilitas pendukung lain seperti galeri budaya betawi, wisata budaya, wisata air dan wisata agro.
Kata kunci : Destination Branding, Branding, The Process Model of Destination Branding Development , Unit Pengelolaan Kawasan, Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan
No copy data
No other version available