Disertasi/Tesis/Skripsi
Hubungan Literasi Media dengan Perilaku Menyebarkan Informasi Hoax oleh Siswa SMA : Studi Korelasional antara Literasi Media dengan Perilaku Menyebarkan Informasi Hoax di Media Sosial oleh Siswa Kelas XI SMA Al–Ma’soem
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang hubungan literasi media dengan perilaku menyebarkan informasi hoaxoleh siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara literasi media dengan perilaku menyebarkan informasi hoax. Literasi media dalam penelitian ini didasarkan pada perspektif individual competence frameworkyang terdiri dari tiga variabel, yaitu technical skill, critical understandingdan communicative abilities.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al –Ma’soem dengan total sampel yaitu 75 orang. Analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media tidak memiliki hubungan dengan perilaku menyebarkan informasi hoaxoleh siswa SMA. Artinya bahwa siswa yang memiliki literasi media tinggi, tidak memiliki kecenderungan untuk menyebarkan informasi hoax.Kata Kunci: literasi media, hoax, penyebaran informasi hoax
vABSTRACKThis research describes the correlation between media literacy and behavior of hoax information disseminates by senior high school students. The purpose of this research is to find out correlation between media literacy and behavior of hoax information disseminates.Media literacy in this research is based on the perspective of the individual competence framework which consists of three variablesaretechnical skills, critical understanding and communicative abilities.The research method used is a quantitative with a correlational studyapproach. The populationin this researcharethe eleventh-grade students of Al–Ma’soem Senior High School with atotal sample of 75 people.The analysis used is descriptive and inferential statistics with Spearman Rank correlation test.The results of this research show that media literacy has no correlation with the behavior of disseminating hoax information by senior high school students.It means that students who have high media literacy, have no tendency to disseminating of hoax information.Keywords: media literacy, hoaxes, hoax information dissemination
No copy data
No other version available