Skripsi
Hubungan Antara Eco Learning Program Melalui Roadshow Kids Witness News Dengan Sikap Siswa Terhadap Aktivitas Hemat Energi : Studi Korelasi Eco Learning Program Melalui Roadshow Kids Witness NewsOleh PT. Panasonic Gobel Indonesia di Jakarta dengan Sikap Siswa Dalam Aktifitas Hemat Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor sumber, faktor pesan dan factor audiens pada kegiatan Eco Learning Program Melalui Roadshow Kids Witness News dengan sikap siswa terhadap aktifitas hemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif yaitu Instrumental Theory of Persuasion oleh Hovland, Janis, dan Kelly.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan analisis korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data deskriptif dan statistik inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman Rank Correlations.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan Eco Learning Program Melalui Roadshow Kids Witness News dengan sikap siswa terhadap aktivitas hemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Kekuatan hubungan berada pada kategori cukup berarti antara kedua variabel tersebut, artinya kegiatan Eco Learning Program melalui Roadshow Kids Witness News dapat merubah opini, persepsi, afeksi, dan tindakan siswa terhadap aktivitas hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang rendah tapi pasti antara faktor sumber dengan sikap siswa terhadap aktivitas hemat energy, hubungan yang cukup berarti antara faktor pesan dengan sikap siswa terhadap aktivitas hemat energi, dan hubungan rendah tapi pasti antara factor pesan dengan sikap siswa terhadap aktivitas hemat energi.
Kata Kunci: Hovland, Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Pendidikan
Lingkungan, Sikap
No copy data
No other version available