Skripsi
Hubungan Antara Kegiatan Bandung Open Education Day 2017 dengan Sikap Peserta Terhadap Pendidikan Terbuka : Studi Korelasional mengenai Hubungan antara Kegiatan Bandung Open Education Day 2017 oleh Komunitas Co-Learning Spece sebagai Bentuk Sosial Movement
A B S T R A K
Nida Khairiyah Sholehah, 210130223, 2018, Hubungan Antara Kegiatan Bandung Open Education D ay 2017 Dengan Sikap Peserta Terhadap Pendidikan Terbuka, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si selaku Dosen Pembimbing Utama dan FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos,. M.Si selaku Dosen Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana hubungan antara faktor sumber dan pesan dalam kegiatan Bandung Open Education D ay 2017 dengan sikap peserta terhadap pendidikan terbuka. Penelitian ini menggunakan Instrumental Theory of Persuasion dengan metode korelasional serta teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, wawancara, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini ialah terdapat hubungan yang cukup berarti antara kegiatan Bandung Open Education D ay 2017 dengan sikap peserta terhadap pendidikan terbuka. Simpulan mengenai faktor sumber dari penelitian ini terdapat hubungan yang rendah terhadap faktor sumber dengan perubahan opini peserta, lalu terdapat hubungan yang cukup terhadap faktor sumber dengan perubahan persepsi afeksi dan perilaku peserta. Simpulan mengenai faktor pesan terdapat hubungan yang rendah pada perubahan opini dan persepsi dan terdapat hubungan yang cukup antara faktor pesan dengan perubahan afeksi dan perilaku. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan agar pembicara dapat mengemas pesan semenarik mungkin dengan memilih tata bahasa yang mudah dimengerti serta membuat interaksi lebih banyak dengan peserta.
K ata k unci : Pe r ubahan Si k ap, T eor i I nstrumental of Persuasion, Pendidi k an
T e r bu k a.
No copy data
No other version available