Buku
Transformasi Harian Kompas Menjadi Portal Berita Digital Subscription Kompas.Id : Studi Kasus Intrinsik mengenai Transformasi Harian Kompas menjadi Portal Berita Digital Subscription Kompas.id
ABSTRAKA
lfiyya Dhiya Haq, 210110140015, 2018. Skripsi ini berjudul Transformasi Harian Kompasmenjadi Portal Berita DigitalSubscriptionKompas.id. Studi Kasus Intrinsik mengenai Transformasi Harian Kompasmenjadi Portal Berita DigitalSubscriptionKompas.id. Dosen Pembimbing Utama Dr. Hj. Siti Karlinah, M.Si. dan Dosen Pembimbing Pendamping Efi Fadilah, S.Sos., M.Pd. Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perkembangan surat kabar harian Kompashingga memutuskan membuat Kompas.id sebagai ekstensi dalam jaringan. Transformasi tersebut sejatinya juga menciptakan perubahan internal. Oleh karena itu, tujuan selanjutnya penelitian ini juga untuk mengetahui perubahan pengelolaan redaksi dan konten harian Kompassetelah adanya Kompas.id, serta mengetahui strategi bisnis yang diterapkan untuk Kompas.id. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus intrinsik dengan objek penelitian media surat kabar Kompasdan Kompas.id.Hasil penelitian menunjukkan, Kompas.id menjadi strategi harian Kompasdalam mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran media digital dan menurunnyatiras surat kabar. Keberadaan Kompas.id sebagai ekstensi koran harian Kompasberdampak dan mengubah internal Kompasdari sisi redaksi dan konten. Redaksi harian Kompaskini menambah dua desk yang dikhususkan untuk menangani produksi berita di Kompas.id. Sementara dari sisi konten, Kompas.id didesain lebih beragam dan multimedia. Strategi bisnis Kompas.id dirancang dengan konsep berlangganan yang berbeda dengan dominasi media dalam jaringan di Indonesia dengan gratis aksesnya.Penelitian ini menyimpulkan, harian Kompastelah melakukan transformasi dengan sangat berhati-hati. Jika dibanding surat kabar lain yang lebih dulu membuat situs daring, Kompasmemiliki idealisme yang tinggi terhadap standard kualitas jurnalismenya. Kualitas jurnalisme ini sejalan dengan bagaimana pengelolaan organisasi (dalam hal ini redaksi), konten, dan bisnis yang lebih matang. Penerapan digitalsubscriptionmengisyaratkan bahwa ada celah untuk meneruskan bisnis jurnalisme pada media cetak ke media daring, yaitu dengan menghasilkan pendapatan dari dua sisi: pelanggan dan pengiklan.Kata kunci: transformasi media, media massa cetak, media massa daring, digitalsubscription, studi kasus.
vABSTRACTThis study entitled The Transformation of Harian Kompas Print Media to Kompas.id Digital Subscription Media. Case Study-Intrinsic about The Transformation of Harian Kompas Print Media to Kompas.id Digital Subscription Media. The main supervisor was Dr. Hj. Siti Karlinah, M.Si. and the counselor was Pembimbing Pendamping Efi Fadilah, S.Sos., M.Pd.Department of Journalism Studies, Undergraduates Programs, Faculty of Communication, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.This research aimedto find out the developingprocess of Kompas daily newspaper in themaking Kompas.id as an extension in theironline platform. Itstransformation actually made someinternalchanges, especiallyfor the editorial staffs that had to add two desks for specifically handling Kompas.id.This research was to understandthe changes in the management of Kompas editorial and daily content after the Kompas.idreleased, as well as knowing the business strategies applied to Kompas.id. This study usedqualitative research method, an intrinsic case study with research objects were Kompas daily newspaper and Kompas.id.The results showed thatKompas.id is thestrategy for Kompas daily newspaper in maintaining its existence amidst the onslaught of newspaper circulation in Indonesia. Kompas.id has given some impacts and changed the internal Kompas in terms of editorial and content. The Kompas daily editor now added two desks specifically for handling news production to Kompas.id. While in terms of content, Kompas.id was designed to be more divers and multimedia. Komaps.id business strategy was designed with subscription concept which was different with other online medias with their free access.This study concluded, Kompas daily newspaper had carried out a very careful transformation. Compared to other newspapers that first created online sites, Kompas has a high standard for their journalism products. The quality of journalism was in line with how the organization, content, and business were more mature. The application of digital subscription implied that there was a gap to continue the business of journalism in print media to online media, namely by generating revenue from twi sides: subscribers and advertisers.Keywords:media transformation, print media, online media, sigital subscription, case studies.
No copy data
No other version available