Skripsi
Kegiatan “Bandung Menjawab” sebagai Media Relations Pemerintah Kota Bandung : Studi Deskriptif Mengenai Program Media Relations Pemerintah Kota Bandung
ABSTRAK
Pemkot Bandung menyadari bahwa selama ini banyak SKPD Kota Bandung yang antimedia. Akibatnya, banyak program-program Pemkot Bandung yang tidak tersosialisasikan. Selain itu, ketika para SKPD Kota Bandung sulit diakses, maka berita-berita yang beredar di media massa akan cenderung menjadi berita negatif karena belum terkonfirmasi dari SKPD terkait. Maka dari itu, Pemkot Bandung melalui Humas Setda Kota Bandung membuat sebuah kegiatan PR, yakni Bandung Menjawab untuk mengatasi masalah-masalah yang sebelumnya terjadi. Kegiatan Bandung Menjawab ini pun digunakan Pemkot Bandung untuk menjalin hubungan baik dengan media.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perencanaan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi Kegiatan Bandung Menjawab sebagai upaya Pemerintah Kota Bandung dalam menjalin hubungan baik dengan media massa. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan yang dimulai dari perumusan masalah, yakni media massa kesulitan untuk mengakses informan, yaitu SKPD Kota Bandung sehingga tidak terkonfirmasinya berita atau informasi di media massa, dilanjutkan penentuan tema, penentuan pemateri, pemetaan media massa, dan pembagian tugas kepada SDM. Pada tahap implementasi, kegiatan Bandung Menjawab dilakukan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh tim Bandung Menjawab dan dibantu subbag peliputan ketika kegiatan Bandung Menjawab berlangsung. Sumber daya manusia dalam pelaksanaan Bandung Menjawab merupakan bagian dari Humas Setda Kota Bandung. Melalui proses komunikasi dan koordinasi yang baik, pelaksanaan aksi, teknik penyampaian pesan, pengawasan, serta kendala dan cara mengatasinya dalam mengimplementasikan apa yang sudah direncanakan membuat setiap kebutuhan dalam kegiatan Bandung Menjawab dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengevaluasi kegiatan dan melakukan media monitoring.
Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap perencanaan, kegiatan Bandung Menjawab tercipta karena masih banyaknya program-program Pemkot Bandung yang tidak tersosialisasikan kepada masyarakat karena kurang terekspos oleh media massa. Pada tahap implementasi, komunikasi dan koordinasi selama kegiatan Bandung Menjawab bersifat dua arah dan satu jalur. Pada tahap evaluasi, tim Bandung Menjawab melakukan evaluasi implementasi kegiatan dan evaluasi hasil kegiatan.
Kata Kunci : Kegiatan PR, Hubungan Media, Proses Media Relations
No copy data
No other version available