Skripsi
Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Tik Tok terhadap Keputusan Adopsi Tik Tok bagi Anggota Aktif Fokus Kota Bandung : Studi Eksplanatori tentang Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Tik Tok terhadap Keputusan Adopsi Aplikasi Tik Tok Bagi Anggota Aktif Forum Komunikasi Siswa Kota Bandung
ABSTRAK
Farhan Iqbal Fauzi, 210110140162, 2019. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Pengaruh Karakteristik Inovasi Aplikasi Tik Tok terhadap Keputusan Adopsi Tik Tok bagi Anggota Aktif FOKUS Kota Bandung”. Pembimbing utama Dedi R. Erlandia., A.Md., S.Sos., M.Si. dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom. sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh antara karakteristik inovasi aplikasi Tik Tok yang terdiri dari keuntungan relatif, kompabilitas, kompleksitas, triabilitas, dan observabilitas Tik Tok terhadap keputusan adopsi bagi anggota aktif FOKUS Kota Bandung. Teori yang digunakan sebagai landasan dari penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi (Diffusion of Innovation Theory). Penelitian ini menggunakan metode Path Analysis. Data yang terkumpul merupakan hasil pengisian kuesioner oleh 103 responden anggota aktif FOKUS Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan karakteristik inovasi Tik Tok berpengaruh signifikan terhadap keputusan adopsi anggota aktif FOKUS Kota Bandung dan secara parsial kelima sub variabel berpengaruh secara signifikan. Pengaruh karakteristik inovasi terbesar terdapat pada variabel karakteristik inovasi keuntungan relatif Tik Tok terhadap keputusan adopsi bagi anggota aktif FOKUS Kota Bandung.
Kata Kunci: Difusi Inovasi, Karakteristik Inovasi, Tik Tok, Keputusan Adopsi.
No copy data
No other version available