Skripsi
Manajemen Komunikasi Pasar Digital Cikundul di Jawa Barat : Studi Kasus Eksploratif Pengelolaan Komunikasi Pasar Digital Cikundul Sukabumi oleh Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GENPI)
ABSTRAK
Nadila Zahara Faradysa, 210510150079, “Manajemen Komunikasi Pasar Digital di Jawa Barat: Studi Kasus Eksploratif Pengelolaan Komunikasi Pasar Cikundul Sukabumi oleh Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi)” dibimbing oleh Dr. Slamet Mulyana, S.Sos., M.I.Kom., selaku Pembimbing Utama dan Meria Octavianti, S.I.Kom., M.I.Kom., selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen komunikasi pasar digital yang ada di Jawa Barat oleh Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi), khususnya mengetahui perencanaan Pasar Cikundul di Sukabumi oleh Genpi Sukabumi, mengetahui pengelolaan operasional dan media sosial sebagai media promosi Pasar Cikundul di Sukabumi oleh Genpi Sukabumi, mengetahui proses evaluasi Pasar Cikundul oleh Genpi Sukabumi, dan mengetahui penyebab Pasar Cikundul menjadi pasar digital yang tersisa di wilayah Jawa Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan Pasar Cikundul di Sukabumi melalui enam tahap yaitu pencarian lokasi, perumusan kebijakan, persiapan pasar digital, peresmian pasar digital, umpan balik, dan evaluasi pasar digital, (2) pengelolaan operasional Pasar Cikundul dibagi menjadi tiga tahap, (a) menghitung anggaran dan menentukan jadwal event berikutnya, (b) mencari dan menentukan bintang tamu serta membuat dan mempublikasikan konten pasca event, dan (c) membuat dan mempublikasi konten promosi, memastikan kondisi infrastruktur, memantau pedagang sekaligus menu yang ditawarkan, dan mempersiapkan kebutuhan event. Sedangkan pengelolaan media sosial sebagai media promosi Pasar Cikundul melalui beberapa tahap yaitu pencarian konten, pengolahan konten, unggah ke media sosial official, dan evaluasi hasil impresi media sosial, (3) proses evaluasi Pasar Cikundul dibagi menjadi dua tahap, evaluasi formatif dilakukan setiap penutupan pasar dan evaluasi sumatif dilakukan setiap tiga minggu sekali, (4) Pasar Cikundul menjadi pasar digital yang masih beroperasi di Jawa Barat disebabkan oleh kegagalan Pasar Maya Asih di Kuningan dan Pasar Cijaringao di Bandung, serta pengelolaan Pasar Cikundul oleh Genpi Sukabumi secara maksimal dan realistis.
Kata Kunci: Perencanaan, Pengelolaan, Evaluasi, Media Sosial, Pasar Cikundul
No copy data
No other version available