Skripsi
Analisis Retorika Pesan-Pesan Toleransi dan Intoleransipada Media Sosial : Studi Deskriptif Mengenai Analisis Retorikapesan-Pesan Toleransi dan Intoleransi pada Facebook, Instagram, dan Twitter
ABSTRAK
Andrio Pratama, 210110140055, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul Analisis Retorika Pesan-pesan Toleransi dan Intoleransi Pada Media Sosial. Fokus kajian penelitian ini adalah menganalisis pesan-pesan toleransi dan intoleransi yang beredar pada berbagai platform media sosial masyaraakt Indonesia. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. H. Antar Venus, Drs., M.A.Comm. sebagai pembimbing utama dan Dr. Dadang Sugiana, M.Si. sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dengan pendekatan retorika oleh Aristoteles terhadap pesan-pesan toleransi dan intoleransi di media sosial. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara analisis teks dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa: dari sisi ethos, sebagian besar pesan- pesan yang ditemukan memiliki aspek ethos yaitu intelegensia, karakter, dan niatan baik. Aspek ethos pada pesan yang penulis teliti didominasi oleh aspek niatan baik (goodwill). Pathos (emosi) yang ditampilkan berupa rasa cinta, simpati, empati, sedih, kecewa, tidak malu, ketidaknyamanan, takut, marah hingga kebencian. Sedangkan pada logos (logika), masih banyak peneliti temukan kesalahan logika pada pesan-pesan yang telah disebarkan yaitu berupa irrelevant conclusion, argument ad baculum, argumen ad hominem, argumentum ad misericordiam, argumentum ad populum, argumentum ad verecundiam, false cause, amphiboly, dan divisi.
Kata Kunci: Retorika, Toleransi, Intoleransi, Deskriptif, Kualitatif
No copy data
No other version available